Anak Gen-A Pandai Main Gadget, Orang Tua Perlu Bekali Diri

- Kamis, 27 Mei 2021 | 17:46 WIB
Kepala SD Islam Al Azhar 22 Salatiga Tri Nuryani S.Ag (suaramerdeka.com/dok)
Kepala SD Islam Al Azhar 22 Salatiga Tri Nuryani S.Ag (suaramerdeka.com/dok)

SALATIGA, suaramerdeka.com - Orang tua tidak perlu panik atau paranoid bila anak-anak mereka, terutama di tingkat sekolah dasar sudah pandai menggunakan gadget atau smartphone. Sebaliknya orang tua harus bisa membekali diri, agar mampu mengimbangi perkembangan dan tidak ketinggalan dengan kemajuan anak-anak mereka.

Hal itu diungkapkan Kepala SD Islam Al Azhar 22 Salatiga Tri Nuryani SAg, kemarin. 

''SD Islam Al Azhar 22 Salatiga merupakan sekolah yang selama ini mampu melaksanakan berbagai metode pendidikan seperti harapan orang tua dalam mencetak sebagai generasi penerus bangsa. Orang tua harus yakin bahwa perkembangan anak seperti penggunaan gadget/smarphone, tidak akan merusak perkembangan anak, bila dibina dengan tepat,'' kata Tri Nuryani.

Terutama saat pandemi Covid-19 ini, anak-anak lebih banyak belajar di rumah melalui program pembelajaran jarak jauh (PJJ/daring). Guru SD Islam Al Azhar tetap memberikan pemahaman pada anak bahwa gadget/smarphone hanya sebagai fasilitas. Artinya, fasilitas yang dipakai untuk menyerap pengetahuan yang baik (positif). 

Disadari atau tidak anak-anak sekarang berada di era Generasi Alfa (Gen-A). Anak yang lahir setelah tahun 2010 tersebut, sudah pandai menggunakan gadget saat masih balita.

Atas dasar itu, SD Islam Al Azhar 22 Salatiga mengadakan kegiatan parenting secara webinar pada Sabtu (29/5), mulai pukul 08.00. Webinar untuk berbagi pengetahuan seputar pengasuhan anak di era digital. Kegiatan itu menghadirkan Elly Risman Musa PSi via zoom. Elly merupakan psikolog senior dan pakar parenting. 

Pendaftaran melalui bit.ly/parentingSDIA22 dan dibatasi hingga Jumat (28/5) pukul 21.00. Webinar gratis dengan peserta para orang tua itu, memberikan fasilitas dooprize kepada peserta yang beruntung. 

''Semoga kegiatan ini bermanfaat memberikan edukasi kepada orang tua dalam menghadapi anak Gen-A. Terutama di masa pembelajaran jarak jauh saat pandemi,'' ungkap Tri Nuryani.

Editor: Maya

Terkini

Oh Man, Produk Lokal Alami Kualitas Premium

Kamis, 16 Desember 2021 | 16:12 WIB

Memakai Softlens Terlalu Lama, Bagaimana Dampaknya?

Sabtu, 4 Desember 2021 | 11:48 WIB

Wajah Anda Sedang Berjerawat? Hindari Hal Berikut Ini

Kamis, 2 Desember 2021 | 06:46 WIB
X