Keluarga yang Positive Thinking Mampu Bertahan Hadapi Pandemi

Red
- Sabtu, 30 Januari 2021 | 15:16 WIB
Istimewa
Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Meningkatnya kasus Covid-19 saat ini justru muncul dari keluarga sebagai unit terkecil di masyarakat. Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sony Harry B Harmadi menyebutkan 40,1 persen kasus di Jakarta berasal dari klaster keluarga.

“Kami sudah selalu ingatkan, kalaupun harus pergi maka pergilah dengan orang yang serumah saja. Tapi masalahnya, sebaliknya. Ini yang menyebabkan ternyata di klaster keluarga terjadi peningkatan penularan virus Corona,” ujar Sony, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Terjadi Klaster Keluarga, Masyarakat Harus Saling Bantu

Untuk meminimalkan munculnya klaster keluarga, dapat dicegah dengan penguatan perilaku dari dalam keluarga.

“Keluarga lenting terbangun oleh kekuatan positive thinking untuk beradaptasi menghadapi dinamika hidupnya,” ujar Erna Rochana dalam publikasi yang bertajuk “Covid-19 & Disrupsi: Tatanan Sosial Budaya, Ekonomi, Politik, dan Multi (Catatan Akademisi, Jurnalis, Aktivis, dan Diaspora).

Baca Juga: Ketahanan Keluarga Penting, Anak Perlu Bekal Modul Corona

Dengan lahirnya afeksi dan perhatian, keluarga dapat menguatkan satu sama lain. Ini akan berdampak pada keluarga inti, keluarga besar, hingga keluarga lain di lingkungannya.

Kunci utama untuk bertahan adalah mengedepankan potensi yang masih tersisa untuk menghadapi masalah bersama. Erna menilai keluarga lenting cenderung senang berbagi baik barang, jasa, dan informasi. Tak hanya bagi masyarakat di luar keluarga inti, keluarga lenting juga mampu mencari cara untuk bertahan selama pandemi.

Terdapat banyak perubahan saat pandemi. Di antaranya harus tetap berkegiatan di rumah. Erna menyadari ini akan memunculkan persoalan di keluarga seperti sering merasa bosan, kesulitan orang tua membimbing anak saat belajar daring, hingga seringnya adu argumen antara anak dan orang tua. Bahkan, yang lebih parah lagi munculnya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Ini 5 Tanda Wanita Terlalu Baik, Kamu Termasuk?

Kamis, 8 September 2022 | 08:24 WIB
X