Di mana Sekolah Internasional Terbaik di Jakarta?

- Kamis, 14 Januari 2021 | 04:20 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

SEKOLAH Internasional tengah menjadi primadona, khususnya di kalangan menengah. Adanya kesadaran tentang pentingnya wawasan global dan teknologi dalam pendidikan pun menjadi salah satu landasannya. Sekolah internasional pun beragam dan dapat dikategorikan menurut kurikulum yang digunakan.

Kelebihan sekolah internasional

Saat memilih pendidikan di sekolah internasional terbaik anak tentu akan mendapat berbagai hak istimewa. Salah satunya, kemampuan bahasa internasional yang unggul karena menjadi bahasa sehari-hari. Sistem sekolah internasional umumnya juga fokus pada pengembangan keterampilan masing-masing anak. Dengan begitu, anak diharapkan lebih memahami minat dan tujuannya saat lulus sekolah.

Kurikulum Sekolah Internasional

Sekolah internasional umumnya merupakan sekolah swasta yang ada dalam naungan sebuah yayasan. Oleh karena itu, setiap sekolah swasta dapat bebas memilih kurikulum apa yang ingin diterapkan. Saat ini ada beberapa jenis kurikulum yang sering digunakan oleh setiap sekolah internasional, yaitu:

International Baccalaureate (IB)

Kurikulum IB merupakan salah satu kurikulum yang berasal dari Swiss. Salah satu tujuan kurikulum ini adalah membuat anak menjadi lebih kreatif, mampu memiliki kontrol emosi yang lebih baik, serta mampu mengembangkan kecerdasan intelektual. Kurikulum IB merupakan jenis kurikulum yang menekankan pada penyesuaian diri seorang anak menghadapi globalisasi. 

Ada beberapa komponen dalam IB untuk penilaian dari setiap mata pelajarannya. Pertama, extended essay yaitu setiap anak akan mengerjakan tugas essay sepanjang 4000 kata dengan topik tertentu. Dalam penyelesaiannya, murid perlu melakukan penelitian melalui jurnal, artikel, hingga melakukan survey. Kedua, theory of knowledge yaitu penilaian 6 bidang pelajaran untuk melatih pendapat atau argumen berdasarkan teori yang telah dipelajari. Penilaian theory of knowledge memiliki tujuan untuk membuat anak mampu menganalisa serta menyelesaikan kejadian sehari – hari, dalam kata lain meningkatkan kemampuan berpikir kritis. 

Komponen penilaian kurikulum IB yang terakhir adalah Creative, action, service. Penilaian ini biasanya berupa kegiatan di luar kelas, di mana setiap anak bisa memilih pelajaran sesuai minat dan membuat proyek untuk melatih hubungan dengan lingkungan luar. 

Halaman:

Editor: Andika

Terkini

Cegah Munculnya White Cast di Wajah, Coba Cara Ini

Sabtu, 18 September 2021 | 20:14 WIB

New York Fashion Week Diramaikan Desainer Indonesia

Jumat, 13 Agustus 2021 | 20:57 WIB

“Pearl Asia” Dari Indonesia untuk Dunia

Jumat, 13 Agustus 2021 | 20:56 WIB

Warna-warna Pastel Dominasi Tren Hijab 2016

Jumat, 13 Agustus 2021 | 20:55 WIB

Modifikasi Kebaya Panjang Masih Trend

Jumat, 13 Agustus 2021 | 20:47 WIB

Antar Sahabat Berbagi Gen yang Sama

Jumat, 13 Agustus 2021 | 14:31 WIB

Kurangi Asupan Gula, Cegah Obesitas

Jumat, 13 Agustus 2021 | 14:25 WIB
X