Tips Menjaga Anak Menggunakan Gadget Saat Pandemi

Red
- Sabtu, 21 November 2020 | 11:18 WIB
Foto: Blibli
Foto: Blibli

TIDAK dapat dipungkiri lagi bahwa saat ini dunia teknologi, khususnya handphone yang sebelumnya hanya untuk alat komunikasi, sekarang menjadi benda yang memiliki banyak manfaat lain. Di dunia pendidikan, handphone menjadi alat bantu penting untuk pembelajaran di sekolah.

Anak-anak sekarang ini di haruskan belajar di rumah karena sekolah tutup di masa pandemi ini. Karenanya, aktivitas di rumah saat ini menghabiskan banyak waktu dengan menggunakan gadget. Entah itu dengan smartphone, maupun televisi. Beberapa dari kita menyadari, bahwa keberadaan smartphone telah membuat anak jadi lebih perhatian dengan gadget daripada yang lain.

Berikut ini beberapa tips supaya anak tidak kecanduan bermain smartphone secara berlebihan.

1.Mengatur batas waktu pemakaian

Supaya tidak kecanduan menggunakan smartphone selain untuk sekolah, Berikan Batasan waktu untuk anak bersenang senang menggunakan smartphonenya, sebagai contoh beri sisa waktu 1 jam untuk bermain, dan sisanya untuk kegiatan sekolah.

2. Beri tempat khusus saat anak bermain smartphone

Hal ini untuk mencegah anak mengakses sesuatu yang sekiranya belum tepat, dan kita bisa mengawasinya secara langsung. Contohnya, jangan biarkan anak bermain smartphone di kamarnya sendiri, melainkan harus ada orang tuanya.

3. Mengajarkan anak untuk sabar menahan diri

Ajarkan kepada anak kita bahwa nanti ada masanya anak sudah bisa mengatur emosinya untuk menggunakan smartphone sebagai mana mestinya. Pujilah anak supaya mereka senang karena bisa menahan diri untuk mencegah kecanduan gadget.

Halaman:

Editor: Andika

Tags

Terkini

Oh Man, Produk Lokal Alami Kualitas Premium

Kamis, 16 Desember 2021 | 16:12 WIB

Memakai Softlens Terlalu Lama, Bagaimana Dampaknya?

Sabtu, 4 Desember 2021 | 11:48 WIB

Wajah Anda Sedang Berjerawat? Hindari Hal Berikut Ini

Kamis, 2 Desember 2021 | 06:46 WIB
X