Membangun Kreativitas Anak Sejak Masa Keemasan

- Kamis, 19 November 2020 | 12:38 WIB
Istimewa
Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Psikolog Perkembangan Universitas Gadjah Mada, Dr.Aisah Indati, M.S., Psikolog mengatakan, masa kanak-kanak merupakan masa untuk bermain, di mana pada masa itu merupakan masa keemasan (golden period).

Menurutnya, pada masa keemasan ini dibutuhkan beberapa stimulasi dari lingkungan sekitar, supaya anak mengalami perkembangan yang optimal. Perkembangan yang optimal, akan tercapai apabila anak memperoleh stimulasi yang bervariatif, seperti misalnya stimulasi yang bersifat motorik, emosi, sosial, serta pengamatan.

Baca Juga: Bangun Semangat Nasionalisme Anak Melalui Kreatifitas

Salah satu produk yang dapat memberikan stimulus kepada anak-anak hingga sekolah dasar adalah Faber-Castell Creative Art Set Series. Produk tersebut dapat untuk menstimulasi perkembangan anak, dalam hal pengamatan, emosional dan sosial serta motorik halus.

Baca Juga: Pandemi Tak Halangi Anak Muda Berkreasi

Aisah Indati menjelaskan, stimulus pengamatan dapat dilakukan dengan mengamati beragam warna dan bentuk. Hal ini akan memacu inisiatif dan kreativitas anak.

Sementara dari sisi emosi dan sosial yakni saat anak bereksplorasi dengan produk, salah satunya melalui proses mencampur berbagai macam warna. Hal tersebut mengasah kepekaan emosi (yang melibatkan kreativitas dan inisiatif), serta interaksi sosial anak.

"Sementara stimulasi motorik halus diperoleh saat anak bereksplorasi menggunakan media pewarna, craft, maupun kertas origami, akan melatih kepekaan motorik halus dalam diri anak," ujar Indati.

Sementara itu, Product Manager PT Faber-Castell International Indonesia, Richard Panelewen mengatakan kegiatan kreatif anak dapat dilakukan bersama keluarga, khususnya orang tua. Dengan demikian interaksi sosial antar anggota keluarga juga dapat semakin terbangun.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Cegah Munculnya White Cast di Wajah, Coba Cara Ini

Sabtu, 18 September 2021 | 20:14 WIB

New York Fashion Week Diramaikan Desainer Indonesia

Jumat, 13 Agustus 2021 | 20:57 WIB

“Pearl Asia” Dari Indonesia untuk Dunia

Jumat, 13 Agustus 2021 | 20:56 WIB

Warna-warna Pastel Dominasi Tren Hijab 2016

Jumat, 13 Agustus 2021 | 20:55 WIB

Modifikasi Kebaya Panjang Masih Trend

Jumat, 13 Agustus 2021 | 20:47 WIB

Antar Sahabat Berbagi Gen yang Sama

Jumat, 13 Agustus 2021 | 14:31 WIB

Kurangi Asupan Gula, Cegah Obesitas

Jumat, 13 Agustus 2021 | 14:25 WIB
X