Istri Wagub Bagikan Tips Menjaga Anak Aman di Dunia Maya

- Kamis, 27 Agustus 2020 | 16:00 WIB
TIPS: Ketua Umum Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) Jateng, Nawal Nur Arafah Yasin membagikan tips saat menjadi keynote speaker pada webinar, Kamis (27/8). (suaramerdeka.com/dok)
TIPS: Ketua Umum Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) Jateng, Nawal Nur Arafah Yasin membagikan tips saat menjadi keynote speaker pada webinar, Kamis (27/8). (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Penggunaan gawai di kalangan anak-anak harus melibatkan peran orang tua agar kecanggihan gawai dapat memberi manfaat bagi generasi bangsa, tidak sebaliknya. Orang tua perlu mendampingi anak agar melek media dengan membantu mereka memilah dan memilih informasi agar tidak gagal manfaat.

Baca Juga: Kecanduan Gawai dan Kekeliruan Pola Asuh

Baca Juga: Membentengi Anak dari Candu Gawai

"Penggunaan gawai membutuhkan tanggung jawab yang ekstra dari pengguna maupun orang tua," kata Ketua Umum Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) Jateng, Nawal Nur Arafah Yasin saat menjadi keynote speaker pada webinar, Kamis (27/8).

Webinar yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Perempuan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Jateng dengan tema "Bebaskan Anak dan Keluarga dari Adiksi Dampak Negatif Gawai di Situasi Pandemi Covid-19". Juga hadir sebagai narasumber, Ketua Perhimpunan Masyarakat Tolak Pornografi Azima Subagijo dan staff Unicef Derry Fahrizal.

Dalam kesempatan itu, Nawal sapaan akrab istri Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen berbagai tips menjaga anak agar tetap aman di dunia maya. Pertama masuklah ke dunia online anak-anak karena keterlibatan orangtua di kehidupan online anak-anak. Ini sangat penting mengingat anak generasi sekarang akrab dengan internet.

Tips kedua membuat aturan mengenai kebebasan yang ada batasnya dalam kegiatan online. Seperti aturan mengenai durasi waktu dan batasan-batasan situs apa saja yang boleh atau tidak boleh dikunjungi. Termasuk  konsekuensi jika melanggar aturan tersebut.

Tidak kalah penting, tips mengajarkan mereka untuk melindungi privasi. Anak-anak tidak sepenuhnya sadar mengenai konsekuensi bagaimana memberikan informasi-informasi pribadi, seperti memberikan nama, nomor telepon, alamat email, dan alamat rumah.

"Selain itu juga memperhatikan lokasi tempat  komputer. Misalnya di tempat umum hal ini akan memudahkan orang tua untuk memonitor penggunaannya, setting mesin pencari, serta kenali situs dan aplikasi yang aman untuk usia anak," jelasnya

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Manfaat Ikan Betutu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Rabu, 20 Oktober 2021 | 07:18 WIB

Tips Mudah Mengatasi Sepatu Kebesaran

Selasa, 19 Oktober 2021 | 07:18 WIB

Ini Dia Tiga Cara Mengatasi Bibir Kering

Minggu, 17 Oktober 2021 | 23:39 WIB

Enam Manfaat Minyak Kasturi untuk Kecantikan

Sabtu, 9 Oktober 2021 | 09:22 WIB

Ini Gaya Pakaian yang Unik dari Stylist Aespa

Kamis, 7 Oktober 2021 | 16:44 WIB

Manfaat Masker Alpukat bagi Wajah

Sabtu, 25 September 2021 | 17:26 WIB

Cegah Munculnya White Cast di Wajah, Coba Cara Ini

Sabtu, 18 September 2021 | 20:14 WIB
X