Borussia Dortmund Juara DFB Pokal 2020/21, Hajar RB Leipzig 4-1

- Jumat, 14 Mei 2021 | 04:05 WIB
Foto: Getty Images
Foto: Getty Images

 

BERLIN, suaramerdeka.com - Borussia Dortmund sukses menjuarai DFB Pokal atau Piala Jerman 2020/21 usai menang telak 4-1 atas RB Leipzig pada laga final di Olympiastadion Berlin, Jumat (14/5/2021) dini hari. Empat gol Dortmund disumbang Jadon Sancho dan Erling Haaland, yang masing-masing bikin dua gol. Satu gol Leipzig dicetak Dani Olmo.

Langsung menyerang sejak peluit kickoff dan menekan pertahanan Leipzig, Dortmund sudah unggul pada menit kelima. Marco Reus sukses merebut bola dari Kevin Kampl lalu mengoper ke Haaland. Bola digiring lalu dioper ke Mahmoud Dahoud, lalu diteruskan menuju Jadon Sancho di sisi kiri, yang lantas melepaskan sepakan ke tiang jauh tanpa bisa diantisipasi kiper Peter Gulacsi.

Usai kebobolan, Leipzig bisa menguasai pertandingan tapi kesulitan untuk menembus pertahanan Dortmund. Sejumlah peluang dari Alexander Sorloth, Marce Sabitzer, dan Hwang Hee-Chan tak membuahkan hasil. Menit 28, Dortmund menggandakan keunggulan usai umpan terobosan Reus diterima Haaland yang berlari menuju ke kotak penalti, lalu melepaskan diri dari kawalan Dayot Upamecano, dan melepaskan sepakan kaki kiri tanpa bisa diantisipasi Gulacsi.

Leipzig coba membalas di menit ke-39 lewat Sorloth yang menerima bola di sisi kanan pertahanan Dortmund, lalu melepas tembakan yang masih melebar. Di penghujung babak pertama, Dortmund mencetak gol lagi setelah operan Reus diterima Sancho di sisi kanan lalu menceploskan ke gawang. Gol ini sempat ditinjau VAR karena ada potensi offside, meski akhirnya disahkan. Skor 3-0 untuk Dortmund menutup laga babak pertama.

Di babak kedua, Dortmund menurunkan intensitas serangan sehingga membuat Leipzig lebih leluasa menyerang. Menit 56. Dani Olmo nyaris bikin gol andai bola sepakannya tak mengenai kaki Manuel Akanji. Dua menit menit berselang, giliran Christoper Nkunku yang dapat kans namun bola sepakannya diantisipasi Roman Buerki.

Dortmund punya kans emas untuk menjauhkan skor pada menit ke-66 saat Thorgan Hazard berhasil mengelabui Gulacsi, namun gagal menjaga keseimbangn tubuhnya dan bola sepakannya melebar. Menit 71, Leipzeig nyaris mencetak gol usai sepakan kencang Laimer diantisipasi Burki, dan bola muntah dicocor Emil Forsberg, namun malah menghantam tiang.

Semenit berselang, Leipzig akhirnya bisa bikin gol setelah Olmo melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti, yang membuat bola bersarang di pojok kanan gawang. Usai kebobolan, Dortmund meningkatkan intensitas serangan hingga akhirnya mencetak gol lagi pada menit 87.

Dari sisi kanan, Sancho menusuk dan menyodorkan bola kepada Haaland di depan kotak penalti, yang coba menembak namun malah mengenai kaki tumpuannya dan mengecoh Gulasci dan masuk ke gawang. Skor 4-1 untuk kemenangan Dortmund bertahan hingga laga usai.

Halaman:

Editor: Andika

Terkini

Freiburg Vs Bayern Muenchen Berakhir Imbang 2-2

Minggu, 16 Mei 2021 | 00:05 WIB
X