Dinkes Kabupaten Magelang Mulai Vaksinasi Ibu Hamil dan Disabilitas

- Senin, 30 Agustus 2021 | 20:45 WIB
 VAKSIN: Seorang penyandang disabilitas menerima suntikan vaksin di Pendopo Lapangan drh. Soepardi, Senin (30/8/2021). (suaramerdeka.com/Asef Amani)
VAKSIN: Seorang penyandang disabilitas menerima suntikan vaksin di Pendopo Lapangan drh. Soepardi, Senin (30/8/2021). (suaramerdeka.com/Asef Amani)

MAGELANG, suaramerdeka.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magelang mulai melakukan vaksinasi bagi kelompok ibu hamil dan disabilitas. Secara simbolis, upaya tersebut dilakukan di Pendopo Lapangan drh. Soepardi, Kecamatan Mungkid, Senin (30/8).

Pada waktu yang sama, 12 puskesmas di Kabupaten Magelang juga menggelar vaksin bagi kelompok ibu hamil dan disabilitas, yakni Puskesmas Srumbung, Borobudur, Salam, Kajoran 2, Muntilan 1, dan Muntilan 2.

Kemudian, Puskesmas Dukun, Mertoyudan 1, Kajoran 1, Ngablak, Grabag 1, dan Tegalrejo.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Magelang, Sri Wahyuningsih mengatakan, sebanyak 40 orang mengikuti vaksinasi di Pendopo. Terdiri atas 10 ibu hamil dan 10 pendampingnya menerima vaksin Sinovac.

Baca Juga: 3 Laga Berjalan Lancar, PSSI dan PT LIB Siap Lapor Pemerintah

Sedangkan, penyandang disabilitas tercatat 12 orang dan pendamping 8 orang menerima Sinopharm. Kelompok pertama ditangani tim Puskesmas Borobudur. Kelompok kedua ditangani tim Puskesmas Borobudur.

Sementara itu, Plt Kepala Dinkes Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi mengaku, cakupan vaksinasi untuk ibu hamil dan disabilitas masih rendah lantaran diduga ada kekhawatiran akan risiko kesehatan pasca menerima suntikan vaksin.

"Sehingga kami berusaha menggandeng Tim Penggerak PKK dan kader- kadernya di desa dan kecamatan, serta TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan, red) dari Dinas Sosial untuk bisa dimobilisasi untuk kami vaksin," jelasnya.

Baca Juga: IDAI: Anak Penderita Diabetes Tipe 1 Terkontrol Boleh Vaksinasi

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PKS: Kitab Kuning Pondasi Pembangunan Peradaban

Senin, 6 Desember 2021 | 12:03 WIB

Komunitas Save Pekalongan Bantu Warga Terdampak Rob

Senin, 6 Desember 2021 | 09:12 WIB

Gading Paradise, Hadirkan Miniatur Eropa di Kebumen

Minggu, 5 Desember 2021 | 11:14 WIB
X