Nelayan Cilacap Gelar Sedekah Laut, Berharap Pandemi Segera Berakhir

- Sabtu, 28 Agustus 2021 | 12:15 WIB
Nelayan Cilacap meletakkan jolen di atas perahu, sesaat sebelum dibawa ke laut lepas selatan Jawa untuk dilarung, Jumat (27/8/2021). (suaramerdeka.com / Teguh Hidayat Akbar)
Nelayan Cilacap meletakkan jolen di atas perahu, sesaat sebelum dibawa ke laut lepas selatan Jawa untuk dilarung, Jumat (27/8/2021). (suaramerdeka.com / Teguh Hidayat Akbar)

CILACAP suara merdeka.com - Nelayan Cilacap melakukan gelar budaya sedekah laut pada Jumat (27/8/2021) dengan ditandai ritual larungan sesaji dan jolen di laut lepas selatan Jawa.

Wakil Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Cilacap, Pardjo Hadi Pranoto mengatakan, ada 10 jolen yang dilarung oleh nelayan di Cilacap.

Perinciannya, delapan jolen dari kelompok/rukun nelayan, sedangkan dua lainnya dari HNSI Cilacap.

Ritual ini digelar pagi, sekitar pukul 08.30 Wib. Jolen itu dibawa dari tempat masing-masing pada waktu yang sama, menuju ke laut lepas.

Baca Juga: Peran Lembaga Keluarga Perlu Diperkuat Demi Menghindari Risiko Perkembangan Fisik hingga Psikososial Anak-anak

Pelarungan jolen milik HNSI Cilacap, misalnya, diawali dari kantor. Mereka membawa jolen itu ke kompleks Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap (PPSC).

Dari PPSC itu, jolen dinaikkan ke perahu dan dibawa ke laut lepas selatan Jawa, untuk dilarung di sana.

Dia mengatakan, sedekah laut menjadi wujud rasa syukur nelayan kepada Tuhan Yang Maha Esa, bahwa nelayan telah diberi rezeki melimpah dan keselamatan. Selanjutnya, dengan harapan diberi keselamatan dan kesuksesan dalam melaut ke depannya.

"Kami juga memohon kepada Allah Swt agar pandemi Covid-19 segera berakhir," kata dia.

Baca Juga: Atasi Tantangan Sektor Pertanian, Peningkatan Produktivitas Tanaman Pangan Mutlak Diperlukan

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gading Paradise, Hadirkan Miniatur Eropa di Kebumen

Minggu, 5 Desember 2021 | 11:14 WIB

Akun Twitter Siskaee Lenyap, Ada Apa?

Sabtu, 4 Desember 2021 | 10:46 WIB

Disporapar Genjot Kemajuan Sektor Pariwisata

Jumat, 3 Desember 2021 | 22:21 WIB
X