Kereta Bandara YIA Akan Dioperasikan, Persingkat Waktu Tempuh Jadi 40 Menit

- Sabtu, 28 Agustus 2021 | 10:48 WIB
 Soft Launching pengoperasian Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport (KA Bandara YIA) di Stasiun KA Bandara YIA, Kulonprogo, DI Yogyakarta. (suaramerdeka.com / dok)
Soft Launching pengoperasian Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport (KA Bandara YIA) di Stasiun KA Bandara YIA, Kulonprogo, DI Yogyakarta. (suaramerdeka.com / dok)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Pengoperasian Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport (KA Bandara YIA) Kulonprogo, dipastikan bisa mempersingkat perjalanan dari Kota Gudeg menuju Kulonprogo menjadi 40 menit.

Biasanya jika menggunakan transportasi darat lain, perjalanan dari pusat kota Jogja atau Malioboro sekitar 1,5 jam.

Karena itu, pembangunan kereta Bandara tetap harus dilakukan meski di tengah pandemi lantaran ini menjadi proyek strategis nasional.

"Sesuai Visi Misi Presiden yang harus kita laksanakan bahwa di masa pandemi ini kita tetap bergerak menyelesaikan pembangunan infrastruktur transportasi,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat Soft Launching pengoperasian Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport (KA Bandara YIA) di Stasiun KA Bandara YIA, Kulonprogo, DI Yogyakarta.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Gabung Manchester United, Gary Neville: Akan Jawab Kebutuhan Tim

Menhub mengatakan, setelah dilakukan soft opening akan segera dilanjutkan dengan pengoperasian secara komersial dan akan disiapkan tarif promosi bagi pengguna jasa KA Bandara YIA.

Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi Kemenhub yang telah berhasil menyelesaikan pembangunan KA Bandara YIA di tengah masa pandemi Covid-19.

Menurut dia, kehadiran KA Bandara ini diharapkan membantu meningkatkan perkonomian dan membantu aksesibilitas masyarakat yang ramah lingkungan.

Yogyakarta adalah kota pelajar dan menjadi tujuan destinasi wisata strategis nasional. Sehingga KA Bandara ini disiapkan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke daerah ini,” ungkap Luhut.

Baca Juga: Badai Landa Gulf Coast AS, Harga Minyak Merangkak Naik

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Etika Digital dalam Bermedia Cegah Turbulensi Politik

Kamis, 2 Februari 2023 | 20:48 WIB
X