Pemkab Magelang Uji Fungsi PLTS Desa Sugihmas

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 19:58 WIB
Panel surya sebagai tenaga pengambil air milik Pemerintah Desa Sugihmas. (SM/Asef F Amani)
Panel surya sebagai tenaga pengambil air milik Pemerintah Desa Sugihmas. (SM/Asef F Amani)

MAGELANG, suaramerdeka.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Magelang melakukan uji fungsi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) milik Pemerintah Desa Sugihmas.

Pasalnya, alat tersebut digunakan sebagai tenaga pengambil air bagi warga Desa Sugihmas, Kecamatan Grabag.

Menurut Staf Bidang Cipta Karya DPUPR Kabupaten Magelang, Basori uji fungsi dilakukan untuk mengetahui sistem yang dibangun Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (KP-SPAMS) Tirto Mulyo Desa Sugihmas berfungsi secara optimal.

Baca Juga: BEI Beri Stimulus Calon dan Perusahaan Tercatat 

"Coba kami buktikan apakah kapasitas (air) yang diinginkan dan direncanakan dari reservoir sesuai perencanaan atau tidak," ujarnya kepada Suara Merdeka selepas melakukan pengujian, Kamis (26/8).

Pada hari itu, PLTS dan reservoir yang diuji terletak di sebuah lahan sawah di Desa Lebak, Kecamatan Grabag. Dari sini, selang-selang dihubungkan ke saluran air di tiap-tiap rumah warga Sugihmas.

Jarak kedua desa tersebut sekitar 6,5 kilometer. Sugihmas sendiri berada pada ketinggian 400 meter di atas permukaan laut. Hasil pengujian fungsi, ungkap Basori, menunjukkan reservoir perlu diberi penutup agar terhindar dari kemasukan benda-benda yang menurunkan kualitas air, seperti debu, hewan atau limbah pertanian.

"Mudah-mudahan pemerintah desa bisa menganggarkan lagi untuk tambahan pendukung seperti ini (penutup reservoir). Karena kalau dari dana yang kami [Pemerintah Kabupaten Magelang, red] anggarkan, belum ada," sambungnya.

Baca Juga: Gus Qoyyum: Orang Saleh Akan Membendung Negeri dari Musibah

Sementara itu, Kepala Desa Sugihmas, Srianto mengatakan, pemasangan PLTS dilakukan lantaran tahun-tahun sebelumnya selalu mengalami kekeringan bila musim kemarau panjang. Sedangkan suplai air dari mata air tenaga gravitasi belum mencukupi.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Temanggung akan Dijadikan Super Prioritas Pertanian

Minggu, 17 Oktober 2021 | 16:41 WIB

Pemalang Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya

Minggu, 17 Oktober 2021 | 14:11 WIB
X