Tim Khusus Cek Semua Sarana dan Prasarana Penunjang Lalu Lintas

- Minggu, 5 Mei 2019 | 23:55 WIB
Petugas Dishub Pati melakukan pengecekan lampu TL di perempatan Tanjang Jalan Lingkar Selatan. (suaramerdeka.com/M Noor Effendi)
Petugas Dishub Pati melakukan pengecekan lampu TL di perempatan Tanjang Jalan Lingkar Selatan. (suaramerdeka.com/M Noor Effendi)

PATI, suaramerdeka.com – Menjelang puasa dan Lebaran, Dinas Perhubungan (Dishub) Pati membentuk tim khusus untuk mengecek semua sarana dan prasarana penunjang lalu lintas. Tim mulai pekan lalu menggecarkan pengecekan kondisi alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL) berfungsi dengan baik.

"Kami melakukan survei dan monitoring semua APILL. Semua lampu bangjo (traffic light/TL) kami cek satu per satu. Ada beberapa yang perlu perbaikan, dan langsung kami lakukan," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pati, Sudarlan, melalui Kabid Lalu Lintas, Joko Susanto, saat mengecek lampu traffic light di perempatan Tanjang Jalan Lingkar Selatan, kemarin.

Tim khusus bergerak mengecek satu per satu lampu TL di Pati yang berjumlah 34 unit. "Hampir seluruh lampu TL di Pati dalam kondisi baik. Meskipun demikian kami akan semakin intensif melakukan survei dan monitoring agar jika terjadi kerusakan dapat langsung dilakukan penanganan," jelasnya.

Menurut Joko, pengecekan dilakukan jauh hari sebelum Lebaran sehingga jika ada persoalan yang membutuhkan waktu penanganan relatif lama dapat diatasi. Pihaknya ingin memastikan agar pengguna jalan dapat aman, nyaman, dan tertib.

"Dapat dibayangkan jika lampu TL bermasalah. Dampaknya cukup besar karena menjadikan lalu lintas bermasalah. Apalagi, saat mudik dan balik Lebaran arus lalu lintas dipastikan meningkat," lanjutnya.

Sselain survei dan monitoring lapangan, pihaknya dengan pihak-pihak terkai dalam forum lalu lintas juga melakukan pengaturan bersama berkait jalan, rambu, pengalihan arus, dan lainnya. Dalam waktu dekat, forum tersebut akan rapat koordinasi yang secara khusus mempersiapkan pelayanan menjelang Lebaran.

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Fatayat NU Mendorong Masyarakat untuk Sadar Kesehatan

Kamis, 22 September 2022 | 20:19 WIB
X