Kolaborasi Cinta Tanah Air, Diaspora Indonesia di Sydney Bantu Jawa Tengah

- Rabu, 25 Agustus 2021 | 19:04 WIB
(Sumber: KJRI Sydney)
(Sumber: KJRI Sydney)

JAKARTA, suaramerdeka.com – Penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia membutuhkan kerja sama yang kuat antara pemerintah dan seluruh elemen masyarakat, termasuk masyarakat dan diaspora Indonesia di luar negeri.

Semangat kolaborasi itulah ditambah rasa cinta tanah air yang kemudian mendorong para diaspora Indonesia di Sydney untuk memberikan bantuan kepada Pemerintah Jawa Tengah dalam penanganan pandemi Covid-19.

Bantuan donasi senilai AUD 5.000 berhasil dikumpulkan dari para pebisnis dan diaspora Indonesia di Sydney, New South Wales.

Baca Juga: ABK Kapal Brika: Alhamdulillah Kami Tidak Merasa Sendirian di Luar Negeri

Penggalangan dana bantuan diinisiasi oleh Indonesia Business Council (IBC), organisasi pebisnis diaspora Indonesia yang berdiri sejak 15 tahun lalu.

Bantuan donasi tersebut diserahkan secara simbolis oleh Presiden IBC, Josep Rustam, kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, pada acara virtual yang difasilitasi KJRI Sydney (20/08/2021).

Mengawali sambutannya, Acting Konsul Jenderal RI Sydney, Trisari Dyah Paramita menyampaikan ucapan selamat kepada Provinsi Jawa Tengah yang baru-baru ini merayakan HUT ke-71. Acting Konjen RI Sydney juga mengapresiasi berbagai inovasi Pemprov Jateng dalam penanganan pandemi, seperti Jogo Tonggo.

“Esensi dari Jogo Tonggo, yaitu gotong royong, saling menjaga dan tepo seliro, juga diyakini dan diterapkan diaspora Indonesia di Australia yang sejak awal pandemi telah membantu meringankan beban saudara-saudara kita di tanah air," ujar Trisari.

Baca Juga: Sekolah Tatap Muka Mulai 30 Agustus

Acting Konjen Trisari berharap hubungan kerja sama antara pemangku kepentingan di Jawa Tengah dan pebisnis serta diaspora Indonesia di Australia semakin kuat dalam upaya penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi nasional.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

X