Wisata Edukasi WeKPS, Gunakan Botol Plastik Bekas sebagai Tiket

- Minggu, 14 April 2019 | 23:54 WIB
Sejumlah anak-anak saat mengunjungi tempat wisata edukasi Komunitas Pangan Sehat baru-baru ini. (suaramerdeka.com/Beni Dewa)
Sejumlah anak-anak saat mengunjungi tempat wisata edukasi Komunitas Pangan Sehat baru-baru ini. (suaramerdeka.com/Beni Dewa)

PATI, suaramerdeka.com -  Konsep wisata edukasi Komunitas Pangan Sehat (WeKPS) di Desa Kedungbulus, Kecamatan Gembong, unik dan menarik.  Tiket bukan berupa uang, melainkan cukup botol plastik bekas.

Hery Purwaka, penasihat WeKPS Pati mengatakan, sengaja mendesain konsep tersebut lantaran mereka berkomitmen sebagai tempat wisata edukasi.

‘’Tujuannya untuk proses pembelajaran. Dengan menerapkan tiket masuk menggunakan botol plastik bekas, nantinya para pengunjung akan ditunjukkan bagaimana memanfaatkan limbah tersebut,’’ terangnya.

Dia mengatakan, dengan konsep tersebut diharapkan dapat membangun pola pikir pemanfaatan limbah barang bekas menjadi benilai tambah. Dengan pembelajaran pengunjung mempunyai kepedulian lebih terhadap pengolahan limbah.

Botol plastik yang dibawa itu nantinya akan dijadikan bahan membuat kerajinan yang juga diajarkan ke wisatawan tersebut. Pihak pengelola menyiapkan tutor yang siap mengajari para pengunjung. Bahkan tersedia perahu yang disusun dari botol plastik.

‘’Pembelajaran yang kami berikan tak terbatas mengelola sampah, namun juga di bidang lain. Bidang pertanian misalnya, pengunjung yang datang akan langsung diajak praktik bagaimana menanam bibit yang baik, sehat dan tanpa menggunakan pupuk kimia,’’ ujarnya.

Selain itu, juga budi daya dan peternakan. Seperti kolam ikan yang airnya tidak pernah diganti selama delapan tahun. Namun, air kolam tersebut tidak mengeluarkan bau busuk sama sekali.

‘’Kami juga ada budi daya ayam petelur. Dalam budi daya ini, kandang ayam juga tidak mengeluarkan bau busuk. Sebab, kotoran ayam yang ke luar langsung dimasukkan ke penampungan hingga menjadi biogas dan bisa dimanfaatkan untuk memasak,’’ katannya.

WeKPS membuat terobosan baru. Biogas dari kotoran ayam tersebut baru kali pertama di Pati. Umumnya, biogas berasal dari kotoran sapi atau kerbau.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Kikis Individualisme, Galakkan Nilai-Nilai Bung Karno

Jumat, 2 Desember 2022 | 20:15 WIB

Peduli Lingkungan, Raih Penghargaan SDGs Awards

Jumat, 2 Desember 2022 | 15:51 WIB
X