Karangkajen Dijadikan Kampung Ecoprint

- Senin, 8 April 2019 | 15:25 WIB
Anak-anak bermain dan belajar di Kampung Ecoprint (Foto Istimewa)
Anak-anak bermain dan belajar di Kampung Ecoprint (Foto Istimewa)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Kampung Karangkajen Yogyakarta diresmikan sebagai kampung ecoprint. Program yang diinisiasi oleh Rumah Zakat ini diluncurkan Masjid Jami' Karangkajen, kemarin.

Camat Mergangsan, dan perwakilan Dekranasda serta sejumlah tokoh masyarakat setempat turut hadir dalam acara tersebut. Bersamaan dengan agenda peresmian itu diadakan talkshow dan workshop dengan materi seputar ecoprint.

Menurut fasilitator Rumah Zakat, Indra, masyarakat Karangkajen mulai merintis pembuatan ecoprint sejak akhir tahun 2017. Gagasan ini muncul lantaran keresahan warga terhadap limbah yang ditimbulkan dari industri batik di sekitar lingkungan mereka.

"Hal ini yang mendorong masyarakat untuk mengikuti pelatihan teknik ecoprint yang dirasa lebih ramah lingkungan karena menggunakan bahan-bahan alam," ujarnya.

Ilmu yang diperoleh dari pelatihan itu lantas diaplikasikan bahkan mereka tularkan kepada warga lain lewat berbagai kegiatan workshop. Dijelaskan Indra, membatik ecoprint dilakukan dengan menempel daun, bunga, atau akar yang memiliki pigmen warna pada kain putih, kemudian diikat dengan kuat dan direbus. 

"Teknik ecoprint pada dasarnya menggunakan semua jenis daun, tapi untuk pemula hanya daun-daun tertentu. Kain yang digunakan biasanya juga yang berbahan dasar alam, seperti katun," terangnya.

Dia berharap melalui ketrampilan ecoprint ini, masyarakat Karangkajen bisa meningkatkan taraf ekonomi keluarga mereka. Seiring tumbuhnya kesadaran tentang peduli terhadap lingkungan, peminat ecoprint juga terus bertambah.

Editor: Maya

Tags

Terkini

Sebanyak 494 Tenaga Medis Berebut Formasi ASN dan PPPK

Selasa, 28 September 2021 | 15:33 WIB

Kesongo Kembali Semburkan Lumpur, Warga Berhamburan

Selasa, 28 September 2021 | 12:30 WIB

Angka Stunting Tinggi, Pemerintah Libatkan Mahasiswa

Senin, 27 September 2021 | 19:18 WIB

Hujan Deras, Rumah Rusak Diterjang Longsor

Senin, 27 September 2021 | 15:40 WIB

2.302 Peserta Ikuti SKD CASN Pemkot Magelang

Senin, 27 September 2021 | 15:12 WIB
X