Anggaran Insentif Guru PAUD Rp 9,256 Miliar

- Jumat, 5 April 2019 | 12:40 WIB
Para pedidik PAUD di Kabupaten Pekalongan mengikuti seminar sehari peningkatan kompetensi dalam bidang seni di Gedung Djunaid Kota Pekalongan, Kamis (4/4).(suaramerdeka.com/Nur Khaerudin)
Para pedidik PAUD di Kabupaten Pekalongan mengikuti seminar sehari peningkatan kompetensi dalam bidang seni di Gedung Djunaid Kota Pekalongan, Kamis (4/4).(suaramerdeka.com/Nur Khaerudin)

KAJEN, suaramerdeka.com – Tahun ini, Pemkab Pekalongan mengucurkan anggaran Rp 9,256 miliar sebagai insentif bagi 3.857 guru PAUD.  Pemkab menyatakan prihatin lantaran ribuan guru PAUD dari kelompok swasta hanya gaji sangat rendah.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Pekalongan, Sumarwati gaji pendidik anak usia dini dari yayasan atau lembaga yang dikelola masyarakat hanya berada di kisaran Rp 100-300 ribu rupiah.

Pihaknya sejak awal prihatin dengan gaji guru-guru swasta. Kebijakan Perbup untuk membantu para guru, tahun ini merupakan tahun kedua, walaupun dari sisi jumlah nominal belum memadai.

"Sejak dua tahun terakhir dan ini merupakan tahun kedua, insentif bagi guru PAUD swasta masing-masing Rp 200 ribu, dikeluarkan melalui Peraturan Bupati. Inipun masih sangat kecil dan akan terus mendapat perhatian," katanya.

Bahkan pada pelaksanaan kegiatan ini, mereka semangat dengan biaya sendiri untuk meningkatkan kompetensi. Seminar sehari ini untuk meningkatkan kompetensi guru sejalan dengan tuntutan menjadi guru profesional.

 ‘’Kami selalu mengundang pak bupati hadir, agar melihat secara langsung semangat para guru," ungkap Sumarwati saat Seminar Sehari Peningkatan Kompetensi Guru PAUD dalam Bidang Seni, Kamis (4/4).

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menambahkan pihaknya juga mengapresiasi semangat guru PAUD untuk meningkatkan kopetensinya.

‘’Anak usia dini sampai 8 tahun harus mendapat asuhan secara benar,’’ kata Bupati.

Editor: Adib Auliawan

Tags

Terkini

X