Program Plasma Ternak Berbasis Pesantren Digulirkan di Kebumen

- Selasa, 24 Agustus 2021 | 09:00 WIB
Dompet Dhuafa bersama Pondok Pesantren Al Huda, Kebumen menggulirkan program plasma ternak berbasis pesantren. (suaramerdeka.com / dok)
Dompet Dhuafa bersama Pondok Pesantren Al Huda, Kebumen menggulirkan program plasma ternak berbasis pesantren. (suaramerdeka.com / dok)

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Di tengah pandemi Covid-19, Dompet Dhuafa bersama Pondok Pesantren Al Huda, Kebumen, Jawa Tengah menggulirkan plasma ternak berbasis pesantren, belum lama ini.

“Di tahun 2021 kami perkuat dengan program ketahanan pangan, kami menargetkan 1.000 lahan pertanian, 12 DD Farm dalam pengelolaan peternakan," ujar Ustaz Ahmad Shonhaji selaku Direktur Dakwah, Budaya dan Pengembangan Masyarakat (DBPM).

Bukan hanya kontek pemberdayaan dan welas asih saja, kata Ustaz Ahmad, namun ini suatu usaha bagaimana menumbuh kembangkan kemandirian masyarakat dari program pertanian dan peternakan dengan pedampingan pada program-program tersebut. 

Dalam program ini, Dompet Dhuafa memberikan modal kerja sama dalam peningkatan kemandirian para santri dan alumni berbasis Pondok Pesantren (Ponpes), dengan menyalurkan 250 ekor domba untuk dikelola 19 alumni Ponpes Al Huda serta 5 ton beras.

Baca Juga: Kader PDIP Diingatkan Selalu Turun ke Bawah, Megawati: Pandemi Tidak Boleh Jadi Kendala

“Harapan ini menjadi model bagaimana Dompet Dhuafa bekerjasama meningkatkan kualitas Ponpes untuk pemberdayaan dan pengembangan program berbasis ketahanan pangan,” tambah Ustaz Ahmad Shonhaji.

Di waktu yang bersamaan pada acara serah terima tersebut, KH. Yazid Mahfudz selaku pengasuh Pondok Pesantren Al Huda berterima kasih ke para donatur, mitra maupun stakeholder yang sudah menyalurkan donasinya ke Dompet Dhuafa.

Hal inia dapat membantu dalam mengembangkan pondok pesantren melalui program ketahanan pangan.

Baca Juga: Cegah Penyakit Akibat Bulu Kucing, Kebersihan Jadi Solusinya

Salah satunya dengan pemberdayaan plasma ternak yang akan dikelola oleh para alumni ponpes sehingga para alumni dapat menciptakan peluang usaha dan ekonomi bagi ponpes maupun masyarakat sekitar.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siswa MAN Purbalingga Diminta Teladani Nabi Muhammad

Minggu, 24 Oktober 2021 | 22:05 WIB

Ajakan Warga Mangunan Jaga Hutan lewat Tradisi Kenduri

Minggu, 24 Oktober 2021 | 13:32 WIB
X