HUT Ke-113, Pemkot Populerkan Kembali Sarung Batik Pekalongan

- Senin, 1 April 2019 | 20:48 WIB
 Wali Kota Pekalongan, Mochammad Saelany Machfudz, memotong tumpeng usai istighotsah memperingati HUT Ke-113 Kota Pekalongan di Lapangan Jetayu, Senin (1/4). (suaramerdeka.com/Isnawati)
Wali Kota Pekalongan, Mochammad Saelany Machfudz, memotong tumpeng usai istighotsah memperingati HUT Ke-113 Kota Pekalongan di Lapangan Jetayu, Senin (1/4). (suaramerdeka.com/Isnawati)

PEKALONGAN, suaramerdeka.com – Warga bersama Wali Kota Pekalongan, Mochammad Saelany Machfudz, dan jajaran OPD menggelar istighotsah dan doa bersama memperingati Hari Ulang Tahun Ke-113 Kota Pekalongan di Lapangan Jetayu, Senin (1/4).

Istighotsah dipimpin KH Ghozali Mohali dan KH Yaskur Maskur dan doa penutup oleh KH Abdul Fatah Yasran. Sebelum istighotsah, Wali Kota bersama jajaran mengarak gunungan nasi megono menuju Lapangan Jetayu.

Dengan mengenakan sarung batik dan atasan warna putih, rombongan berjalan menyusuri jalan diiringi rebana. di Lapangan Jetayu, Wali Kota dan rombongan melaksanakan Sholat Duha berjamaah di Masjid Al Ikhlas dilanjutkan membacakan naskah Penegasan Hari Jadi Kota Pekalongan di landmark batik Lapangan Jetayu.

Wali Kota mengatakan, HUT Ke-113 Kota Pekalongan tahun ini bertema Rasa Swarga Gapuraning Bhumi Pahatkan Pesona Karya Sejahtera Mandiri Tergenggam Bersama Budaya.  Tema ini mengajak terus berkarya, berbuat untuk kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat secara terus menerus.

Sebagai perwujudan tema tersebut, Pemkot kembali memopulerkan penggunaan sarung batik sebagai budaya masyarakat Kota Pekalongan. Sarung batik akan terus digaungkan guna mendorong perekonomian masyarakat Kota Pekalongan.

Pemkot terus mendorong terwujudnya warga lebih sejahtera, mandiri dan berbudaya berdasarkan nilai-nilai religiusitas. ‘’Penggunaan sarung batik yang kita kenakan hari ini dan yang akan kita luncurkan pada Resepsi Hari Jadi besok malam,  merupakan salah satu perwujudan dari kata mandiri, sejahtera dan religius," katanya.

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

X