PMI Kota Magelang Siap Layani Permintaan Darah Plasma Konvalesen

- Minggu, 22 Agustus 2021 | 15:49 WIB
Wali Kota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz meninjau pelaksanaan donor darah di UDD PMI Kota Magelang yang siap melayani permintaan darah plasma konvalesen. (SM/Asef F Amani)
Wali Kota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz meninjau pelaksanaan donor darah di UDD PMI Kota Magelang yang siap melayani permintaan darah plasma konvalesen. (SM/Asef F Amani)

MAGELANG, suaramerdeka.com - PMI Kota Magelang sudah bisa melayani pendonor darah dan permintaan darah plasma konvalesen. Hingga saat ini sudah ada 6 kantong yang siap untuk memenuhi permintaan.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Magelang, dr Bramantyo Angga Kesuma mengatakan, menurut rencana permintaan tersebut dapat dilayani mulai Senin (23/8) sore. Sebab, masih ada beberapa proses pemeriksaan yang harus dilakukan.

"Hari ini sudah mulai proses pengambilan donornya. Ada 6 kantong, tapi masih harus melalui beberapa proses pemeriksaan dulu. Hasilnya baru siap besok sore," ujarnya saat dihubungi, Minggu, 22 Agustus 2021.

Dia menuturkan, donor darah plasma konvalesen merupakan salah satu metode imunisasi pasif, yang dilakukan dengan memberikan plasma orang yang telah sembuh dari Covid-19, kepada pasien Covod-19 yang sedang dirawat. Hal ini bertujuan sebagai terapi tambahan Covid-19 dengan mengajak orang yang telah sembuh dari Covid-19 untuk menjadi pendonor plasma.

Baca Juga: Percepat Penanganan Covid-19, Kemenhub Sediakan Kapal Pelni untuk Isoter

"Pasien yang membutuhkan bisa langsung ajukan permintaan ke kami. Untuk pemberiannya tergantung ketersediaan stok. Kalau tidak ada stok, maka kami akan coba carikan pendonornya," katanya.

Pihaknya sudah menjadwalkan donor plasma konvalesen ini setiap hari Selasa, Rabu, Sabtu, dan Minggu jam 08.00-21.00.

Pendonor datang langsung ke UDD PMI Kota Magelang sambil membawa print out atau foto copy hasil swab positif dan hasil swab negatif/surat keterangan selesai isolasi.

"Nanti di UDD kami akan lakukan beberapa pemeriksaan awal. Apabila memenuhi syarat, maka lanjut ke proses donor. Karena keterbatasan alat, kami juga mengirimkan beberapa pemeriksaan ke UDD PMI Kota Semarang," jelasnya.

Baca Juga: Paralimpiade Tokyo 2020, Atlet Para Menembak Siapkan Mental untuk Tampil Maksimal

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

Gelar Haul Gus Dur, PKB dan NU Cilacap Berkolaborasi

Kamis, 13 Januari 2022 | 11:48 WIB
X