Ibu Menyusui Jangan Khawatir Stok ASI Berkurang, Bra Pemijat Ini Solusinya

- Kamis, 19 Agustus 2021 | 15:48 WIB
Bra pemijat untuk memperlancar ASI/Foto Istimewa
Bra pemijat untuk memperlancar ASI/Foto Istimewa

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Para ibu yang menyusui bayinya kadang-kadang merasa ASI kurang lancar atau harus bekerja di luar rumah dengan jarak cukup jauh.

Mereka harus dapat meluangkan waktu untuk mengirim atau menyediakan stok ASI untuk anaknya.

Air Susu Ibu (ASI) mengandung banyak manfaat yang tidak tergantikan, salah satunya merupakan imunisasi pertama yang diberikan bagi bayi dengan zat kekebalan tubuh dan imunoglobin yang terkandung di dalamnya.

Pada dasarnya, ASI memiliki antibodi yang secara alami terbentuk menyesuaikan kebutuhan bayi setiap saat, meskipun saat bayi sedang dalam keadaan sakit.

Baca Juga: Ekspor Impor Indonesia Juli Tumbuh Tinggi , Wujud Fundamental Pemulihan Ekonomi Menguat

''Sayangnya, cakupan pemberian ASI Eksklusif di Indonesia masih belum memenuhi target. Utamanya pada tahun 2011 yang hanya mencakup 17 persen dan tahun 2012 yang mencakup 27 persen,'' tutur mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Ryas Surya Aji Andinni mewakili timnya yang membuat inovasi pengelolaan ASI.

Ia yang tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Karsa Cipta (PKM KC) UMY, tergerak untuk menciptakan alat pembantu melancarkan ASI.

Alat yang bernama Modern Breast Pump with Oxytocin Pole Massage untuk Ibu Postpartum ini diciptakan khusus bagi ibu yang sedang menjalani masa postpartum khususnya, para ibu yang memiliki hambatan saat akan memproduksi ASI.

Baca Juga: Klaster Perkantoran Penyumbang 133.247 Kasus Covid-19 Malaysia, Epidemiologi Ungkap Penyebabnya

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X