Pasien JKN/KIS Gombong Mengeluh, Tak Bisa Langsung Akses Layanan ke Poliklinik RS PKU Muhammadiyah

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 11:20 WIB
RS PKU Muhammadiyah Gombong. (suaramerdeka.com / dok
RS PKU Muhammadiyah Gombong. (suaramerdeka.com / dok

GOMBONG, suaramerdeka.com - Para pasien pengguna kartu JKN/KIS yang biasa berobat di Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Gombong mengeluh. Pasalnya, ada aturan BPJS Kesehatan tentang rujukan berjenjang.

Di mana pasien yang biasanya bisa mengakses langsung layanan poliklinik di RS PKU Muhammadiyah Gombong sekarang harus berjenjang melewati alur rujukan sesuai aturan BPJS Kesehatan.

Salah satunya dialami oleh Sukirah (66) warga Desa Klopogodo Kecamatan Gombong. Sukirah sebelumnya bisa langsung mendapatkan rujukan dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) ke Poliklinik jantung RS PKU Muhammadiyah Gombong.

Namun pada saat ini dia tidak bisa langsung mengakses, karena secara alur harus melewati jenjang alur rujukan pasien.

Baca Juga: Transfer ke Daerah dan Dana Desa, Pemerintah Alokasikan Anggaran Rp 770,4 Triliun

Adapun jika dia meminta rujukan ke FKTP untuk berobat ke dokter Spesialis Jantung maka secara sistem yang muncul adalah RSUD dr Soedirman Kebumen yang mempunyai SDM dokter spesialis yang sama.

“Karena rumah saya berada di Gombong terlalu jauh untuk berobat ke Kebumen dengan kondisi saya yang seperti ini,” keluh Sukirah.

Dia berharap dirinya bisa berobat di rumah sakit yang di Gombong saja. Pasalnya dengan kondisi fisik yang di alami saat ini, sangat kerepotan baginya untuk berobat ke Kebumen yang jaraknya cukup jauh.

Saat dimintai konfirmasi terkait keluhan pasien peserta BPJS Kesehatan tersebut, Manajer Promkes dan Relasi RS PKU Muhammadiyah Gombong Eko Budi Santoso MKep membenarkan hal tersebut.

Baca Juga: Menko Airlangga: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, Bergantung Pada Efektivitas Penanganan Covid-19

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Serahkan DIPA dan TKD 2023, Dana Desa Jateng Rp 7,85 T

Selasa, 6 Desember 2022 | 21:22 WIB

Kominfo Sosialisasikan RKUHP di Unsoed Purwokerto

Selasa, 6 Desember 2022 | 17:50 WIB
X