Harlah Ke-73, Muslimat NU Hijaukan Alun-alun Kudus

- Sabtu, 23 Februari 2019 | 23:30 WIB
Ketua PW Muslimat NU Jateng, Prof Dr Hj Ismawati MAg. (suaramerdeka.com/dok)
Ketua PW Muslimat NU Jateng, Prof Dr Hj Ismawati MAg. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Puluhan ribu anggota Muslimat NU se-Jateng, Minggu pagi (24/2) dijadwalkan akan hadir menghijaukan Alun-alun Kudus. ''Kami sudah mendapat konfirmasi dari pengurus cabang se-Jateng untuk hadir memeriahkan Harlah Ke-73 Msulimat NU tingkat Jawa Tengah,'' kata Ketua PW Muslimat NU Jateng, Prof Dr Hj Ismawati MAg, semalam.

Cabang Kota Semarang, menurut Ketuanya, Hj Muslimatin Jatmiko, yang resmi menyiapkan enam bus besar. Dari lembaga dan badan otonom yang berangkat sendiri-sendiri belum bisa dikonfirmasi. ''Kalau setiap cabang minimal lima bus, berapa banyak bus yang masuk ke Kudus pagi ini bila dikalikan 36 cabang,'' kata Guru Besar Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang itu.

Dia memohon maaf kepada masyarakat Kudus, terutama yang berada di sekitar Alun-alun Simpang Tujuh, pada saat pelaksanaan upacara Harlah Muslimat berlangsung kenyamanan akan terganggu.

Menurut Ismawati, acara akan dimulai pada pukul 06.00 WIB diawali khataman Al Quran oleh 400 hafidzah se-Kabupaten Kudus. ''Kita tahu, Kabupaten Kudus sangat terkenal dengan pondok-pondok pesantren yang melahirkan para penghafal Al Quran. Hari ini mereka berdoa melalui Alquran agar Indonesia aman,'' katanya.

Hadirin juga akan dihibur pertunjukan tarian oleh 200 bocak-bocah belia dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Muslimat NU se-Kabupaten Kudus. Sebagai ungkapan doa untuk keselamatan bangsa dan negara, para ulama dan ibu-ibu nyai akan beristighotsah dan doa khatmil quran serta Maulidurrasul SAW.

Para pejabat yang akan menyampaikan pidato dijadwalkan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Bupati Kudus, HM Tamzil dan Rais Syuriyah PWNU Jateng, KH Ubedulloh Shodaqoh. Sedang Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muslimat, Hj Khofifah Indar Parawansa akan menyampaikan pidato harlah.

Sebelum sampai pada pidato harlah, hadirin akan dihibur tarian sufi massal sebagaimana ditampilkan dalam puncak Harlah Muslimat di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta belum lama ini.

''Para Ketua Cabang Muslimat NU se-Jateng dan Pengurus Wilayah juga akan melakukan ikrar antihoaks, ghibah, dan fitnah untuk menciptakan kondisi yang kondusif di tengah-tengah tahun politis yang sedang memanas,'' kata Prof Ismawati.

Beberapa tokoh NU yang dijadwalkan akan hadir di Alun-alun Kudus yaitu KH Ulin Nuha Arwani, KH Ulil Albab Arwani, KH Ahmad Muwafiq (Gus Muwafiq), dan lain-lain.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Disporapar Genjot Kemajuan Sektor Pariwisata

Jumat, 3 Desember 2021 | 22:21 WIB
X