Salah Matikan Kompor, Rumah Warga Ambal Ludes Terbakar

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 17:22 WIB
Rumah milik Juneng Desa Prasutan, Kecamatan Ambal, Kebumen ludes terbakar. (SM/dok)
Rumah milik Juneng Desa Prasutan, Kecamatan Ambal, Kebumen ludes terbakar. (SM/dok)

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Hati saat memasak. Cek kembali kompor saat ditinggal. Jangan sampai salah mematikan kompor sehingga api menjalar dan menyebabkan kebakaran.

Seperti yang dialami oleh warga Desa Prasutan, Kecamatan Ambal, Kebumen. Rumah milik Juneng (88) ludes terbakar itu setelah dia salah mematikan kompor gas saat memasak udara, Jumat (13/8). 

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi sekitar pukul 07.00 tersebut. Akan tetapi korban mengalami kerugian materi kurang lebih Rp 20 juta.

Baca Juga: Program Vaksinasi Akhirnya Masuk Desa Pakis

Kejadian itu dimulai saat korban memasak udara menggunakan gas kompor. Namun saat korban hendak mematikan kompor, justru tuas kompor diarahkan ke api yang paling besar, lalu kompor yang ditinggalkan.

Saat api membesar tanpa pengawasan, api itu merembet menyambar rak prabotan yang ada di sebelahnya. 

Api kemudian menjalar ke semua bangunan dapur. Api kamar ludes dapur dan menjalar menuju kamar dan ruang depan rumah.
 
Korban yang sudah lanjut usia tidak mengetahui jika dapurnya kebakaran. justru korban yang berada di dalam rumah dievakuasi warga yang melihat kobaran api mulai membesar sekitar pukul 08.00.

Baca Juga: 5 Juta Dosis Sinovac Masuk Indonesia, Upaya Pemerintah Percepat Vaksinasi

"Setelah mengevakuasi korban, warga berbondong-bondong datang dan mengunjungi api," ungkap Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasi Humas Polres Iptu Tugiman.

Kapolsek Ambal AKP Joko Maryono mengungkapkan, kebakaran baru bisa dipadamkan oleh warga sekitar pukul 08.30. Warga negara api menggunakan alat seadanya seperti alat sedot air.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

X