Pengelolaan Lingkungan yang Lemah Picu Banjir

- Kamis, 31 Januari 2019 | 00:00 WIB
Peserta bintek pembuatan dokumen pengelolaan lingkungan hidup mengikuti arahan narasumber dari Kementerian Lingkungan Hidup.(suaramerdeka.com/Saiful Bachri)
Peserta bintek pembuatan dokumen pengelolaan lingkungan hidup mengikuti arahan narasumber dari Kementerian Lingkungan Hidup.(suaramerdeka.com/Saiful Bachri)

PEMALANG, suaramerdeka.com – Pengelolaan lingkungan yang lemah menjadi salah satu pemicu banjir. Pengelolaan lingkungan berpengaruh terhadap serapan air hujan dan daya tahan tanah serta bahaya longsor.

Untuk menghindari banjir, Pemkab Pemalang menggelar bimbingan teknis pembuatan dokumen pengelolaan lingkungan hidup, Rabu (30/1). Kegiatan tersebut diikuti semua OPD di lingkungan Pemkab Pemalang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemalang, Moh Sidik, melalui Kabid P3K, Sarinto menjelaskan, banjir di beberapa daerah akibat masih rendahnya dalam pengelolaan lingkungan. Akibatnya serapan air hujan dan daya tahan tanah menurun serta memicu bahaya longsor.

''Pembangunan daerah harus mempertimbangkan pengelolaan lingkungan. Misalnya apakah tebing dikeruk tidak menyebabkan perubahan alam. Atau saluran air tersumbat akibat pembangunan gedung tinggi,'' kata Sarinto usai Bimbingan Teknis.

Hadir narasumber dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Mereka memberikan arahan bagaimana dalam membuat dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (IKPLHD).

IKPLHD merupakan bentuk implementasi pemkab untuk memenuhi kewajiban menyediakan dan memberikan informasi berkaitan dengan kepentingan publik serta instrumen penyajian data yang telah diolah dari perubahan yang ada.

Dalam bintek tersebut peserta diberikan pengenalan dan cara menganalisis data lingkungan hidup, sehingga memiliki kepedulian terhadap lingkungan demi kelangsungan hidup berkelanjutan.

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Kesongo Kembali Semburkan Lumpur, Warga Berhamburan

Selasa, 28 September 2021 | 12:30 WIB

Angka Stunting Tinggi, Pemerintah Libatkan Mahasiswa

Senin, 27 September 2021 | 19:18 WIB

Hujan Deras, Rumah Rusak Diterjang Longsor

Senin, 27 September 2021 | 15:40 WIB

2.302 Peserta Ikuti SKD CASN Pemkot Magelang

Senin, 27 September 2021 | 15:12 WIB

Sapi Milik Peternak Miskin Dibantu Pakan Konsentrat

Minggu, 26 September 2021 | 20:04 WIB

Klinik Bima Husada, Gratis Bagi Warga Tak Mampu

Minggu, 26 September 2021 | 19:04 WIB
X