Tergenang Banjir, 308 Napi Lapas Pekalongan Direlokasi

- Senin, 28 Januari 2019 | 02:26 WIB
foto: suaramerdeka.com
foto: suaramerdeka.com

PEKALONGAN, suaramerdeka.com  - Sebanyak 308 orang narapidana (napi) Lapas Kelas IIA Pekalongan terpaksa direlokasi akibat banjir yang melanda Kota Pekalongan, Minggu (27/1). Itu lantaran Lapas yang berada di Jalan WR Supratman Kota Pekalongan tersebut, terendam banjir.

Sehingga, mereka direlokasi di tempat yang lebih aman. Proses relokasi napi sendiri mendapat pengawalan ketat aparat keamanan Polres Pekalongan Kota dan Kodim 0710/Pekalongan.  Dari jumlah 308 napi yang direlokasi, 50 napi diantaranya direlokasi ke Rutan Rowobelang Batang.

Kemudian, 70 napi lainnya direlokasi ke Rutan Kelas IIA Pekalongan. Dua puluh delapan napi direlokasi ke Lapas Brebes, 20 napi ke Rutan Pemalang, 50 napi ke Lapas Kelas 1 Semarang, 50 napi ke Lapas Slawi, dan 40 orang napi direlokasi ke Lapas Tegal. 

Evakuasi napi sendiri dipimpin langsung Kapolres Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandi Sitepu. Proses relokasi sendiri berlangsung tertib, dimana satu persatu napi diangkut menggunakan truk, baik milik Kodim 0710/Pekalongan, Truk Transpas, dan armada lainnya dengan mendapatkan pengawalan dari petugas Dalmas Polres Pekalongan Kota.

Menurut Kalapas Kelas IIA Pekalongan, Agus Heryanto, relokasi napi terpaksa dilakukan karena hampir mayoritas kawasan Lapas terendam banjir, baik di blok napi maupun sarana lainnya.

Relokasi sendiri dilakukan ke sejumlah Rutan maupun Lapas tetangga, baik di Batang, Pemalang, Tegal, Brebes bahkan Semarang. Dalam pelaksanaan relokasi, berkoordinasi dengan Polres Pekalongan Kota maupun Kodim 0710/Pekalongan. 

"Jumlah keseluruhan napi Lapas Kelas IIA Pekalongan mencapai 394 orang napi. Yang sudah direlokasi sebanyak 308 orang napi, dan sisanya 86 orang napi masih di Lapas Pekalongan," terang Agus Heryanto, kepada suaramerdeka.com, Minggu (27/1) malam sekaligus mengupdate data terbaru jumlah napi yang direlokasi.

  Pihaknya belum bisa memastikan kapan napi yang direlokasi kembali ke Lapas Pekalongan. Itu tergantung situasi dan kondisi di Lapas Pekalongan benar-benar tak tergenang banjir kembali. Kapolres Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandi Sitepu menyatakan, selama pelaksanaan evakuasi napi berlangsung lancar, tanpa adanya kendala berarti. 

Editor: Achmad Rifki

Tags

Terkini

PKS: Kitab Kuning Pondasi Pembangunan Peradaban

Senin, 6 Desember 2021 | 12:03 WIB

Komunitas Save Pekalongan Bantu Warga Terdampak Rob

Senin, 6 Desember 2021 | 09:12 WIB
X