Kerumunan Dilarang, Kegiatan HUT ke-76 RI Diimbau Manfaatkan Kemajuan Teknologi

- Kamis, 12 Agustus 2021 | 16:12 WIB
Rekomendasi lomba HUT Kemerdekaan RI ke-76 di masa PPKM Level 4 (Twitter.com/@gtk_kemdikbud)
Rekomendasi lomba HUT Kemerdekaan RI ke-76 di masa PPKM Level 4 (Twitter.com/@gtk_kemdikbud)

 

MAGELANG, suaramerdeka.com – Pemkot Magelang menghimbau masyarakat untuk tidak mengadakan perlombaan atau kegiatan sejenis yang berpotensi terjadi kerumunan pada momen peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI. Hal ini dkhawatirkan terjadi penularan Covid-19 yang bisa memperparah keadaan.

“Lomba-lomba bisa diadakan dengan memanfaatkan teknologi informatika atau media virtual. Kita larang yang sifatnya bisa menimbulkan kerumunan,” ujar Ketua Umum Panitia HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76 tingkat Kota Magelang tahun 2021, Joko Budiyono, Kamis (12/8).

Joko yang juga Sekda Kota Magelang ini menuturkan, kegiatan peringatan HUT RI diimbau dilakukan secara sederhana saja, mengingat masih masa pandemi Covid-19. Pemerintah pusat telah mengeluarkan edaran melalui Mendagri tentang pedoman teknis peringatan HUT RI.

Baca Juga: Ustadz Abdul Somad Sarankan Baca Amalan Ini Sebelum Tidur, Bikin Tuyul dan Jin Sejenis Takut Masuk Rumah

“Sesuai SE Mendagri, perayaan HUT Kemerdekaan RI agar dilaksanakan secara sederhana tanpa mengurangi kekhidmatan atas peringatan hari bersejarah bagi bangsa ini. Kegiatan seremonial maksimal dihadiri 30 orang dengan prokes ketat,” katanya.

Selain itu, pihaknya mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk melaksanakan doa bersama pada malam tasyakuran di kediaman masing-masing. Pelaksanaan doa bersama malam tasyakuran HUT Kemerdekaan ke-76 RI dan doa bersama lintas agama ditiadakan, baik di lingkungan pemerintahan maupun masyarakat.

Kemudian, seluruh lurah diminta untuk tetap memantau kondisi wilayahnya dan berkoordinasi dengan Satgas Jogo Tonggo dan Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kota Magelang. Termasuk memastikan warga tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan ketat.

Baca Juga: Psikolog: Tren 'Ikoy-ikoyan' Bisa jadi Kebiasaan, Minta Bantuan Tanpa Perlu Usaha

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pesta Miras di Cepu Memakan Korban, 5 Orang Tewas

Kamis, 20 Januari 2022 | 08:48 WIB

Penduduk Miskin Jawa Tengah Turun 175,74 Ribu Orang

Selasa, 18 Januari 2022 | 16:20 WIB

Polres Boyolali Musnahkan 300 knalpot Brong

Selasa, 18 Januari 2022 | 15:57 WIB
X