Cegah Korupsi, Pemkab Purbalingga Bangun Sinergi dan Kolaborasi dengan Kejaksaan

- Kamis, 12 Agustus 2021 | 06:30 WIB
Kepala Kejaksaan Negeri Purbalingga Revanda Sitepu menyampaikan sambutan. (suaramerdeka.com / Arief Noegroho)
Kepala Kejaksaan Negeri Purbalingga Revanda Sitepu menyampaikan sambutan. (suaramerdeka.com / Arief Noegroho)

PURBALINGGA, suaramerdeka.com – Pemerintah Kabupaten Purbalingga terus berupaya mencegah tindak pidana korupsi dengan membangun sinergitas dan kolaborasi dengan jajaran Kejaksaan Negeri Purbalingga.

“Saya tekankan kepada rekan-rekan OPD agar komitmen kita dalam membangun tata kelola pemerintahan yang baik harus tetap dikedepankan. Segala sesuatu kita jalankan harus betul-betul sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan,” ujar Bupati Dyah Hayuning Pratiwi saat membuka acara penerangan hukum di Operation Room, Selasa (10/8).

Dikatakan Bupati, Purbalingga telah mencanangkan zona integritas wilayah bebas korupsi dan birokrasi bersih melayani.

Purbalingga juga membuat rencana aksi terkait 8 area intervensi KPK di OPD terkait. Termasuk optimalisasi pengawasan internal oleh aparat pengawas internal pemerintah (APIP).

Baca Juga: Kemuliaan Sholawat Nabi Muhammad SAW

“Sinergi dengan Kejaksaan Negeri ditandai dengan MoU terkait pendampingan hukum perdata dan tata usaha negara. Ada 167 desa dan 10 OPD yang telah melakukan pendampingan,” jelas Bupati.

Kepala Kejaksaan Negeri Revanda Sitepu mengatakan, pencegahan dan pemberantasan korupsi membutuhkan rule model dari pimpinan OPD.

Pencegahan tipikor sedikitnya dibutuhkan dua elemen yang kuat yakni pimpinan yang aktif dan tidak masa bodoh serta adanya pengawasan.

“Kalau kepalanya saja acuh atau masa bodoh pasti di bawahnya akan bermain. Apalagi jika ada kelemahan sistem dan pengawasan,” katanya.

Baca Juga: Bantuan Makan, APD, Buku Bacaan dan Beasiswa Selama PPKM wujud Solidaritas

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akun Twitter Siskaee Lenyap, Ada Apa?

Sabtu, 4 Desember 2021 | 10:46 WIB

Disporapar Genjot Kemajuan Sektor Pariwisata

Jumat, 3 Desember 2021 | 22:21 WIB
X