Tekan Penyebaran Kasus, Pemkot Pekalongan Masifkan Tracing-Testing Covid-19

- Rabu, 11 Agustus 2021 | 10:38 WIB
Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE, memantau pelaksanaan tracing dan testing di depan Masjid Asy-Syafi'i Pringlangu Kota Pekalongan. (suaramerdeka.com /  Kuswandi)
Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE, memantau pelaksanaan tracing dan testing di depan Masjid Asy-Syafi'i Pringlangu Kota Pekalongan. (suaramerdeka.com / Kuswandi)

PEKALONGAN, suaramerdeka.com - Pemkot Pekalongan terus melakukan upaya tracing dan testing secara masif untuk mendeteksi penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat.

Langkah itu dinilai penting untuk menurunkan kasus dan angka kematian serta meningkatkan angka kesembuhan.

Wali Kota Pekalongan,HA Afzan Arslan Djunaid,SE mengungkapkan bahwa sejak diberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Kota Pekalongan, Pemkot telah mengintensifkan pelaksanaan tracing dan testing melalui test swab antigen.

Beberapa wilayah menjadi sasaran di antaranya di Monumen Djuang 45, Lapangan Jetayu, Masjid Jami Asy-Syafi'i Pringlangu, Masjid Al-Aulia Krapyak, dan sebagainya secara mobile.

Baca Juga: Tidak Boleh Ada Keramaian di Mal, Mendag Lutfi: Pemilik yang Harus Tanggung Jawab

“Dengan pelaksanaan tracing dan testing nantinya kita harapkan bisa mendeteksi dan mengetahui masyarakat kita yang terpapar Covid-19. Ini dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19," kata Aaf, Rabu (11/8).

"Sebenarnya apa yang dilakukan Satgas Covid-19 dengan meningkatkan testing dan tracing itu adalah bagian upaya untuk bisa menemukan dengan cepat orang-orang yang terpapar virus Covid-19 kemudian dilakukan isolasi dan penyembuhan-penyembuhan,” kata dia.

Menurut Aaf, data perkembangan Covid-19 di Jawa Tengah, Kota Pekalongan sudah masuk dalam zona oranye.

Tetapi hal ini, jangan membuat masyarakat lengah dan abai untuk tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan secara ketat.

Baca Juga: Stok Vaksin Sinovac di Cilacap Habis, Dropping dari Pusat Dinanti

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gelar Haul Gus Dur, PKB dan NU Cilacap Berkolaborasi

Kamis, 13 Januari 2022 | 11:48 WIB
X