Desa Burat Dapat Bantuan Kambing dari Australia

- Senin, 24 Desember 2018 | 09:18 WIB
CEK BANTUAN: Salah satu anggota MAA Internasional Mister Mufty meninjau langsung bantuan kambing di  Dusun Gegerjeruk Desa Burat Kecamatan, Wonosobo. (suaramerdeka.com / M Abdul Rohman)
CEK BANTUAN: Salah satu anggota MAA Internasional Mister Mufty meninjau langsung bantuan kambing di Dusun Gegerjeruk Desa Burat Kecamatan, Wonosobo. (suaramerdeka.com / M Abdul Rohman)

WONOSOBO, suaramerdeka.com - Moeslem Aid Australian (MAA) Internasional memberikan bantuan kambing bagi 90 warga miskin di wilayah Desa Burat Kecamatan Kepil, Wonosobo. Bantuan yang disalurkan melalui Yayasan Wahana Mandiri Indonesia (YWMI) Yogyakarta tersebut diharapkan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat menengah ke bawah, agar ke depan juga bisa menekan angka kemiskinan penduduk di wilayah Wonosobo.

Manager YWMI Yogyakarta, Suharti mengungkapkan, bantuan kambing tersebut merupakan tindak lanjut dari bantuan paket sembako yang diberikan saat momen Ramadan lalu. Masyarakat di Desa Burat dinilai sangat layak untuk bisa lebih diberdayakan, karena memiliki motivasi tinggi setelah mendapat bantuan. "Ini tindak lanjut setelah bantuan sembako, kemudian kami berikan kambing untuk lebih memberdayakan mereka," ungkapnya.

Pihaknya telah memberikan bantuan kambing kepada puluhan warga melalui kelompok peternak di desa tersebut  beberapa bulan lalu. Namun, dalam kesempatan itu pihaknya sengaja mengajak Mister Mufty salah satu dari anggota MAA Internasional untuk meninjau langsung bantuan kambing tersebut. Bantuan kambing tersebut disalurkan di enam dusun, yakni Dusun Burat, Kalibarong, Kalinongko, Kaliwang, Krungsung dan Gegerjeruk.

Selain bantuan kambing terdapat paket bantuan pipanisasi dan sumur bor diberikan kapada warga, karena wilayah Desa Burat kerap mengalami kekeringan saat musim kemarau. Dengan bantuan tersebut juga diharapkan dapat memudahkan akses air bersih bagi warga, khususnya warga kurang mampu yang membutuhkan. "Kami berharap, bantuan yang diberikan mampu memberikan kemanfaatan lebih bagi masyarakat," harapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagiyo sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan MAA Internasional melalui YWMI Yogyakarta tersebut. Bantuan tersebut dinilai sangat diharapkan penduduknya, karena angka kemiskinan di Wonosobo masih tinggi. "Semoga dengan bantuan kambing ini dapat memacu semangat warga untuk bisa lebih produktif dan mampu meningkatkan kesejahteraan mereka ke depannya," harap dia.

Senada, Kepala Desa Burat, Gunawan Setyadi mengungkapkan, pihaknya sangat terbantu dengan bantuan pemberdayaan masyarakat melalui budidaya kambing tersebut. Melalui kegiatan pemberdayaan tentu akan jauh lebih cepat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Bantuan sengaja kami berikan bagi enam kelompok di enam dusun, yang masing-masing mewakili keterwakilan unsure perempuan, pemuda maupun campuran warga masyarakat," ujarnya.

Editor: Andika

Tags

Terkini

Kota Magelang Raih Penghargaan Nirwasita Tantra

Sabtu, 12 Juni 2021 | 08:48 WIB

Kasus Positif Covid-19 Capai Angka Tinggi

Jumat, 11 Juni 2021 | 16:37 WIB

Cangkringan Jadi Kecamatan Pertama Lunas PBB

Jumat, 11 Juni 2021 | 14:31 WIB
X