Antisipasi Barang Terlarang, Kamar Napi Rutan Wonosobo Digeledah

- Kamis, 13 Desember 2018 | 09:00 WIB
PENGGELEDAHAN- Tim Satgas Kamtib Rutan Kelas II B Wonosobo melakukan penggeledahan di kamar hunian narapidana dan tahanan. (suaramerdeka.com / M Abdul Rohman)
PENGGELEDAHAN- Tim Satgas Kamtib Rutan Kelas II B Wonosobo melakukan penggeledahan di kamar hunian narapidana dan tahanan. (suaramerdeka.com / M Abdul Rohman)

WONOSOBO, suaramerdeka.com - Tim Satuan Tugas (Satgas) Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Wonosobo  melakukan penggeledahan di kamar hunian narapidana dan tahanan. Penggeledahan dimaksudkan untuk mengecek kondisi narapidana dan tahanan serta mencari barang-barang terlarang, baik benda-benda elektronik, senjata tajam maupun obat-obatan terlarang.

Kepala Rutan Kelas II B Wonosobo, Akbar Amnur menyebutkan, dalam kegiatan penggeledahan tersebut, Tim Satgas Kamtib mengamankan puluhan benda-benda milik narapidana dan tahanan, baik bentuk benda tajam, benda rakitan elektronik maupun barang-barang lain. "Semua benda-benda tajam yang rawan disalahgunakan telah diamankan petugas," ungkapnya.

Disebutkan, benda-benda yang diamankan antara lain, sabuk dua buah, satu set kartu remi, bahan rokok satu bungkus, korek api sembilan buah, senter kecil satu buah, cutter dua buah, paku 15 buah, baterai ABC besar dua buah, wadah kaca tujuh buah, pinset dua buah, tremos stainless satu buah dan sendok stenlis satu buah. Menurut dia, semua benda yang mencurigakan memang diamankan.

Menurut dia, Tim Satgas Kamtib Rutan Wonosobo akan berupaya melaksanakan razia atau inspemsi mendadak (sidak) di kamar hunian guna meminimalisasi benda atau barang larangan dan berbahaya seperti sajam, narkoba dan handphone. Dalam kesempatan itu penggeledahan diikuti empat orang Petugas Rutan Wonosobo dan tiga orang Tunas Pengayoman.

"Untuk narkoba maupun handphone tidak kami dapati. Tapi hasil penggeledahan petugas menemukan beberapa benda atau barang larangan berupa sabuk, kartu remi, bahan rokok, korek api, senter kecil, cutter, paku, baterai ABC besar, wadah kaca, pinset, tremos stenlis dan sendok stenlis. Narkoba dan handphone nihil. Barang-barang tersebut telah kami data dan disita," beber dia.

Dikatakan, razia yang dilakukan petugas dilakukan secara persuasif, dengan pendekatan yang humanis. Hal itu dilakukan guna lebih menghargai dan memanusiakan para penghuni rumah tananan. Dengan upaya itu juga diharapkan para warga binaan bisa tertib dan melaksanakan aturan yang tertera di Rutan Kelas II Wonosobo.

Editor: Andika

Tags

Terkini

Akun Twitter Siskaee Lenyap, Ada Apa?

Sabtu, 4 Desember 2021 | 10:46 WIB

Disporapar Genjot Kemajuan Sektor Pariwisata

Jumat, 3 Desember 2021 | 22:21 WIB
X