Peserta Pemilihan Duta Wisata Belajar Membatik

- Selasa, 13 November 2018 | 22:06 WIB
Peserta pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Jateng sedang praktik membatik di Museum Batik Pekalongan. (suaramerdeka.com/Trias Purwadi)
Peserta pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Jateng sedang praktik membatik di Museum Batik Pekalongan. (suaramerdeka.com/Trias Purwadi)

PEKALONGAN, suaramerdeka.com - Peserta pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Jawa Tengah belajar membatik di Museum Batik Pekalongan. Mereka diharapkan memahami dan mendalami proses membatik sekaligus berperan aktif melestarikan batik sebagai warisan budaya.

‘’Anda nantinya memiliki tugas mem-branding budaya Jawa Tengah sebagai destinasi wisata. Salah satu di antaranya mengenai pelestarian batik,’’ kata Kabid Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata Jateng, Trenggono,  dalam pembukaan Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Jateng di Museum Batik, Selasa (13/11).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinparbudpora, Sutarno, dan Kabid Pariwisata, Nur Slamet, serta beberapa pejabat lain. Praktik membatik itu diikuti Mas dan Mbak dari 35 kabupaten/Kota se Jateng.

Trenggono mengapresiasi Kota Pekalongan yang antusias dalam pelaksanaan pemilihan Duta Wisata Jateng itu. ‘’Ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Kota Pekalongan akan di-branding oleh duta wisata se Jateng. Sedangkan penyelenggara juga mendapat kemudahan dalam pelaksanaan pemilihan Mas dan Mbak Jateng ini,’’ katanya.

Trenggono mengatakan, Mas dan Mbak yang ikut pemilihan ini sudah menjadi duta wisata Jateng. ‘’Bukan yang juara yang akan menjadi Duta Wisata Jateng, tetapi Anda sekarang sudah menjadi duta wisata Jateng. Anda sekarang sudah memiliki kewajiban untuk mem-branding wisata Jateng agar menjadi daya tarik wisatawan,’’  katanya.

Trenggono menambahkan, rangkaian Pemilihan Duta Wisata Jateng dimulai Selasa (13/11) hingga grand final hari Kamis malam (15/11). Untuk mengenalkan batik, Mas dan Mbak mendapatkan pengetahuan tentang batik dan heritage dari Zahir, Dekan Fakultas Batik Pekalongan.

Kepala Dinparbudpora Kota Pekalongan, Sutarno mengapresiasi Provinsi yang menunjuk Kota Pekalongan menjadi tempat Pemilihan Duta Wisata Jateng. Dampak dari pelakasanaan pemilihan itu sangat besar, karena wisata Pekalongan akan dikenalkan ke wisatawan oleh duta wisata Jateng.

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

X