Swamedikasi Didorong , Manfaatkan Tanaman Obat

- Selasa, 10 Agustus 2021 | 18:58 WIB
Pengenalan swamedikasi secara daring kepada warga Tegalsari, Kulon Progo.(Foto Istimewa)
Pengenalan swamedikasi secara daring kepada warga Tegalsari, Kulon Progo.(Foto Istimewa)

 

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Pandemi Covid-19 berpengaruh besar di segala aspek kehidupan. Masyarakat harus dapat lebih beradaptasi dengan kondisi ini dan berupaya berinovasi mencari solusi.

Tim dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berusaha membantu melalui program pengabdian pada masyarakat dengan dana dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM). Tim melakukan gerakkan swamedikasi, memanfaatkan tanaman obat kepada kelompok masyarakat di Dusun Tegalsari, Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo.

''Program pengabdian mengangkat tema Pembudidayaan Tanaman Obat Keluarga di Rumah sebagai Upaya Swamedikasi di Tegalsari Kulon Progo untuk membudidayakan tanaman obat di setiap rumah warga Tegalsari, yang nantinya tanaman tersebut dapat digunakan untuk pengobatan sendiri,'' tutur Ketua Panitia, Dr apt Nining Sugihartini MSi di kampus, kemarin.

Baca Juga: Keteladanan Tokoh Perlu untuk Meredam Laju Pertambahan Kasus di Luar Jawa-Bali

Ia menjelaskan swamedikasi merupakan upaya pengobatan yang dilakukan sendiri. Dalam penatalaksanaan swamedikasi, masyarakat memerlukan pedoman yang terpadu agar tidak terjadi kesalahan pengobatan (medication error). Mereka mendapat panduan tim dosen yang sebagian besar berperan sebagai apoteker.

Tim pelaksana PkM berjumlah empat orang dosen terdiri atas Dr apt Nining Sugihartini MSi, Dr Erna Astuti ST MT dan apt Zainab MSi, apt Putri Rachma Novitasari M Pharm Sci. Kegiatan tersebut menyambung PkM sebelumnya dengan tema besar ''Peningkatan Potensi Tanaman Obat Keluarga sebagai Produk Obat Tradisional''.

''Kami berkoordinasi secara daring dengan Kadus Tegalsari, Sajuli untuk menggali permasalahan dan mencari solusinya,'' ujar Nining.

Identifikasi Tanaman

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X