Carik: TNI Bangun Akses Lewati Dusun yang Hilang

Red
- Jumat, 2 November 2018 | 21:26 WIB
Foto: suaramerdeka.com/dok
Foto: suaramerdeka.com/dok

BATANG, suaramerdeka.com - Edi Purnomo (33), Sekretaris Desa Durenombo, Kecamatan Subah, menyatakan mewakili warganya mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI Kodim dan Pemerintah Daerah Kabupaten Batang, pasalnya menjadikan wilayahnya sebagai objek pembangunan TMMD Reguler tahun ini.

“Atas nama 2.888 jiwa, saya ucapkan terima kasih kepada Kodim, semoga semua kegiatan dapat berjalan lancar, sukses 30 hari kedepan dalam mendorong kesejahteraan masyarakat kami,” ujarnya saat ditemui di kantor desa oleh Ketua Penerangan Kodim, Serka Edy Purnomo, di sela-sela kesibukannya.

Dikenangnya, pembukaan jalan, merupakan impian warganya ratusan tahun. Alasannya sederhana, dengan dibangunnya akses total sepanjang 2.3 kilometer dangan pengaspalan, akan mempersingkat jarak tempuh warga Dusun Durensari mengakses pusat pemerintahan desa di Dusun/Desa Durenombo.

Diketahui sebelumnya warga disana harus rela memutar sejauh kurang lebih 17 kilometer dan 1 jam lebih, melewati Desa/Kecamatan Pecalungan (desa tetangga) karena terputusnya akses lama sejak longsor dan tanah bergerak menimbun Dusun Karangsuwung dan Kwarasan (Desa Durenombo) ratusan tahun silam. Ini menyebabkan kedua dusun tersebut menjadi tak berpenghuni dan hilang dari peta sejak peristiwa naas itu. Mereka kemudian berpindah tempat dan terkonsentrasi menjadi desa yang disebut Durensari.

“Akses dari Durensari menuju Durenombo apabila menggunakan jalan melingkar melewati wilayah Pecalungan akan memakan waktu 1 jam lebih sejauh 17 Km. Namun jika jalan yang sedang dikerjakan ini jadi maka perjalanan akan lebih singkat menjadi 15 menit saja. Ini kesejahteraan yang akan segera kami petik, selain menjadi akses ekonomi, pertanian dan pendidikan baru, juga akan menjadi akses peningkatan kesehatan warga kami ke PKD/Puskesmas terdekat,” tandasnya.

Editor: Fadhil Nugroho Adi

Tags

Terkini

Jelajah Wisata Jawa Tengah Lewat Mubeng Jateng

Jumat, 15 Oktober 2021 | 20:16 WIB

Potensi Zakat Penghasilan ASN di Kebumen Rp 24 Miliar

Kamis, 14 Oktober 2021 | 20:17 WIB

202 Pekerja di Sleman di-PHK Terdampak Pandemi

Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:25 WIB
X