Instansi dan Sekolah Bisa Memelihara Rusa Totol

- Minggu, 28 Oktober 2018 | 22:54 WIB
Kawanan rusa totol (Axis axis) bergerombol mencari makan di kandang di kompleks Setda Kabupaten Tegal. (suaramerdeka.com/Cessnasari)
Kawanan rusa totol (Axis axis) bergerombol mencari makan di kandang di kompleks Setda Kabupaten Tegal. (suaramerdeka.com/Cessnasari)

TEGAL, suaramerdeka.com - Instansi pemerintah atau swsata serta sekolah diberi kesempatan untuk memelihara rusa totol (Axis axis) yang menghuni kandang di halaman kompleks Setda Kabupaten Tegal. Populasi rusa itu terus bertambah, dari semula 12 ekor, terdiri atas dua jantan dan sepuluh betina, menjadi 80 ekor.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKPP), Toto Subandriyo, Jumat (26/10), mengatakan, populasi itu dinilai berlebih sehingga perlu direlokasi. Sebagian rusa  dikirim ke instansi lain untuk dipelihara, sekaligus sebagai upaya mengurangi populasi yang terus bertambah.

‘’Kami membuka kesempatan bagi instansi yang ingin memelihara rusa totol di lingkungannya. Syaratnya memiliki lingkungan yang memenuhi syarat, sanggup menjaga dan melindungi. Selain itu tidak boleh dibawa keluar Kabupaten Tegal,’’ jelas Toto.

Menurutnya, seiring dengan bertambahnya populasi hewan herbivora ini, kebutuhan pakan juga bertambah, sehingga diperlukan tambahan anggaran untuk membeli pakan.

Pada tahun 2018 ini, anggaran yang dialokasikan sebesar Rp 75 juta tidak cukup untuk membeli pakan, sehingga DKPP mengajukan tambahan anggaran Rp 10 juta.

Menurut Toto, dengan semakin bertambahnya populasi rusa totol, pihaknya memberi kesempatan kepada instansi, sekolah bahkan masyarakat yang ingin memelihara hewan berbulu halus berwarna cokelat sawo matang dan bermotif totol putih ini.

‘’Diutamakan OPD dan tempat-tempat pariwisata. Perkantoran  dan sekolah juga boleh, asalkan punya lingkungan tertutup,’’imbuhnya. Keberadaan rusa totol di halaman Setda Kabupaten Tegal menjadi wisata edukatif  dan hiburan bagi warga khususnya anak-anak.

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Pengurus Cabang IAKMI Se-Jateng Dilantik

Sabtu, 4 Februari 2023 | 15:45 WIB

Etika Digital dalam Bermedia Cegah Turbulensi Politik

Kamis, 2 Februari 2023 | 20:48 WIB
X