Pemahaman Moderasi Beragama Guru Agama dan Penyuluh Perlu Ditingkatkan, Ini Alasannya

- Rabu, 25 Januari 2023 | 22:41 WIB
Balai Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Agama Semarang menggelar seminar hasil evaluasi pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama (PPMB) dan pengukuran pemahaman moderasi Beragama pada guru dan penyuluh agama tahun 2022 di MG Setos Hotel Semarang, Rabu (25/1).  (SM/Siswo Ariwibowo)
Balai Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Agama Semarang menggelar seminar hasil evaluasi pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama (PPMB) dan pengukuran pemahaman moderasi Beragama pada guru dan penyuluh agama tahun 2022 di MG Setos Hotel Semarang, Rabu (25/1). (SM/Siswo Ariwibowo)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Peneliti Ahli Madya BRIN, Umi Muzayanah menuturkan, guru agama dan penyuluh adalah agen moderasi beragama.

Namun masih sangat sedikit dari mereka yang telah mengikuti pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama (PPMB) (0,9 persen guru dan 17 persen penyuluh).

Selanjutnya, sikap dan pemahaman moderasi beragama guru dan penyuluh masih perlu ditingkatkan, khususnya pada aspek toleransi beragama.

Baca Juga: Hadiri Pemeriksaan di Polda Jawa Timur Venna Melinda Bongkar Bukti Dugaaan KDRT, Ferry Irawan Tamat ?

"Pelatihan PPMB oleh Balitbang belum masif dilakukan dengan sasaran yang masih memprioritaskan PNS Kemenag," kata Umi Muzayanah.

Ini disampaikannya saat Balai Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Agama Semarang menggelar seminar hasil evaluasi pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama (PPMB) dan pengukuran pemahaman moderasi Beragama pada guru dan penyuluh agama tahun 2022 di Shamrock Ballroom MG Setos Hotel Semarang, Rabu 25 Januari 2023.

Dari kerja para tim peneliti, baik dari Balitbang Semarang dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menghasilkan beberapa temuan (Kesimpulan) dan rekomendasi.

Baca Juga: Menjadi Bisnis Menguntungkan, Biarkan Aglonema yang Bekerja, Ini Harga Jual Berbagai Jenis yang Populer

 

Halaman:

Editor: Hendra Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X