Pembangunan Desa Bukan Hanya Infrastruktur

- Minggu, 2 September 2018 | 19:54 WIB
Peluncuran dan bimbingan teknis perencanaan pembangunan desa bagi tim sebelas di pendapa Kecamatan Sambong. (suaramerdeka.com/Abdul Muiz)
Peluncuran dan bimbingan teknis perencanaan pembangunan desa bagi tim sebelas di pendapa Kecamatan Sambong. (suaramerdeka.com/Abdul Muiz)

BLORA, suaramerdeka.com - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Blora, Gunadi, mengingatkan saat ini dana untuk pembangunan desa sangat besar, sehingga mutlak perlu perencanaan kuat dan benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa.

Menurutnya, pembangunan tidak hanya berupa fisik atau infrastruktur, namun harus lebih menekankan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia di desa. Di antaranya melalui kegiatan-kegiatan yang mendorong pemberdayaan dan kemandirian masyarakat desa sesuai dengan potensinya.

‘’Dengan demikian desa-desa di Blora akan lebih maju dan masyarakatnya akan lebih makmur,’’ kata dia, saat meluncurkan Program Mendekat Desa dan Sinergitas (Pro Desainer) di pendapa Kecamatan Sambong pekan lalu.

Gunadi didampingi oleh Camat Kecamatan Sambong, Retno Kusumowati dan project leader Budiman yang juga kepala bidang (Kabid) Pengembangan Desa Dinas PMD.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Desa Dinas PMD, Budiman, menambahkan program ini untuk penguatan perencanaan pembangunan desa di Kabupaten Blora. Tujuan Pro Desainer antara lain untuk meningkatkan kadar kualitas perencanaan pembangunan di desa.

Pihaknya memberikan pembekalan langsung kepada tim penyusun perencanaan yang dikenal dengan tim sebelas dan bersinergi dengan semua organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Terutama kecamatan sebagai OPD pendamping untuk membina dan mengawal perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di desa.

‘’Salah satu bentuk kegiatan riil yang dilaksanakan adalah Bimbingan dan Sosialisasi Teknis Internal Eksternal (Bisnis Intens) Perencanaan Pembangunan Desa bagi tim sebelas,’’ tandasnya.

Tim Sebelas

Tim sebelas adalah tim penyusun perencanaan pembangunan desa yang ditetapkan dengan keputusan kepala desa (kades). Tim itu terdiri dari kades sebagai pembina, sekretaris desa selaku ketua, ketua lembaga pemberdayaan masyarakat sebagai sekretaris. Ada pun anggotanya meliputi perangkat desa, lembaga pemberdayaan masyarakat, kader pemberdayaan masyarakat desa dan unsur masyarakat dengan mengikutsertakan perempuan.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

X