Jalan-Jalan ke Malioboro Wajib Siapkan Kartu Vaksin, Luhut Minta untuk Keselamatan Bersama

- Sabtu, 7 Agustus 2021 | 15:59 WIB
Ujung selatan Jalan Malioboro   |  Kurniawan Eka Mulyana/Tagar.id
Ujung selatan Jalan Malioboro | Kurniawan Eka Mulyana/Tagar.id


JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah akan memberlakukan persyaratan kepemilikan kartu vaksin saat memasuki obyek wisata. Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta persyaratan tersebut diberlakukan juga di Kawasan Wisata Malioboro.

“Nanti Malioboro jalan (dibuka penuh) kami akan minta supaya (pengunjung) membawa kartu vaksin. Itu untuk keselamatan kita semua," kata Luhut Binsar Pandjaitan di Yogyakarta, seperti dikutip dari Antara, Jumat malam (6/8).

Harapannya, seluruh warga Provinsi DIY sudah mendapatkan vaksin pada September mendatang.

"Kita akan bisa vaksin hampir 100 persen itu nanti bulan September seluruh Yogyakarta. Jadi sampaikan kepada orang tua kita yang belum agar divaksin," tambah Luhut yang juga menjabat koordinator bagi penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di daerah Jawa dan Bali.

Baca Juga: ASI Ekslusif Ibu Terpapar Covid-19 Bantu Tingkatkan Kekebalan Bayi, Kandungan Antibodi Tinggi

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, hingga Jumat (6/8), sebanyak 1,22 juta warga Yogyakarta sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama atau 42,4% dari target yang ditetapkan sebesar 2,88 juta. Namun, jumlah orang yang mendapatkan suntikan dosis kedua masih sangat rendah yakni 469.865 orang, atau 16,32% dari target.

Provinsi Yogyakarta saat ini masih masuk dalam kategori PPKM Level 4, yaitu Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulonprogo, dan Kabupaten Gunungkidul.

Selain itu, Luhut juga mengingatkan syarat wajib menunjukan sertifikat vaksin juga diberlakukan bagi pengunjung Malioboro yang datang dari luar Provinsi DIY.

"Tadi seperti (disampaikan) Pak Sultan di Malioboro semua sudah divaksin, saya kemarin lihat. Sekarang mau pelan-pelan bikin orang yang masuk Malioboro harus punya vaksin card, kartu vaksin. Masuk Malioboro pakai ini," ujarnya.

Luhut mengharapkan kawasan wisata Malioboro bisa cepat beradaptasi terhadap setiap kebijakan, termasuk jika nantinya PPKM Level 4 dicabut.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Antara, Kata Data

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PKS: Kitab Kuning Pondasi Pembangunan Peradaban

Senin, 6 Desember 2021 | 12:03 WIB

Komunitas Save Pekalongan Bantu Warga Terdampak Rob

Senin, 6 Desember 2021 | 09:12 WIB

Gading Paradise, Hadirkan Miniatur Eropa di Kebumen

Minggu, 5 Desember 2021 | 11:14 WIB

Akun Twitter Siskaee Lenyap, Ada Apa?

Sabtu, 4 Desember 2021 | 10:46 WIB
X