Bupati Kebumen Lepasliarkan 500 Tukik di Pantai Kalibuntu

- Jumat, 6 Agustus 2021 | 16:54 WIB
LEPAS TUKIK: Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH saat melepasliarkan tukik di Pantai Kalibuntu, Desa Jogosimo, Kecamatan Klirong, Kebumen, Jumat (6/8). (suaramerdeka.com/Supriyanto)
LEPAS TUKIK: Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH saat melepasliarkan tukik di Pantai Kalibuntu, Desa Jogosimo, Kecamatan Klirong, Kebumen, Jumat (6/8). (suaramerdeka.com/Supriyanto)

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH kembali melepasliarkan anak penyu atau tukik di Pantai Kalibuntu, Desa Jogasimo, Kecamatan Klirong, Kebumen, Jumat (6/8).

Setidaknya sekitar 500 anak penyu yang dilepasliarkan. Binatang yang dilindungi ini baru berumur 2-3 minggu. Hampir setiap bulannya, tukik-tukik ini dilepaskan ke habitatnya oleh masyarakat atau pengelola konservasi.

"Alhamdulillah hari ini kita kembali melepasliarkan tukik atau penyu, di Kalibuntu. Ada 500 tukik yang sudah kita lepasliarkan," ujar Bupati Arif Sugiyanto di sela-sela kegiatan.

Baca Juga: Rossi Pensiun, Begini Respon Fans hingga Rivalnya

Kalibuntu merupakan satu-satunya tempat konservasi penyu di Kebumen yang dikembangkan dan dijaga oleh masyarakat setempat.

Bupati menyampaikan, wilayah konservasi penyu ini menjadi salah satu perhatian pemerintah dan akan terus dilestarikan dan dijaga keberlangsungannya untuk keseimbangan alam.

Tidak Terganggu

Karena tempat konservasi ini juga bisa menjadi wisata edukasi yang baik bagi anak muda tentang bagaimana bisa menjaga alam dengan baik.

Baca Juga: 25 Polisi Penyintas Covid-19 Ikut Screening Sampel Plasma Konvalesen

"Ini bisa menjadi laboratorium pembelajaran yang baik untuk masyarakat Kebumen. Tentang bagaimana cara hidup dari proses bertelur, menetas, kemudian dilepaskan lagi, sampai penyu ini migrasi, ke sebrang lautan, lalu balik lagi ke tempat asalnya dan bertelor," terang Bupati.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X