Swab Massal Positif, 25 Warga Bronggang Dipindahkan ke Tempat Isoter

- Jumat, 6 Agustus 2021 | 13:52 WIB
Isolasi Mandiri Pasien Positif Covid-19 Izin Dokter/freepik/
Isolasi Mandiri Pasien Positif Covid-19 Izin Dokter/freepik/


SLEMAN, suaramerdeka.com - Puluhan penduduk Padukuhan Bronggang Suruh, Kalurahan Argomulyo, Kapanewon Cangkringan, Sleman positif terpapar Covid-19.

Hasil swab massal terhadap 168 warga pada Senin (2/8) lalu terdapat 72 orang yang dinyatakan positif. Hingga Jumat (6/8) pagi baru 25 orang yang dipindahkan ke tempat isolasi terpadu (isoter) di Rusun ASN Kementerian PUPR Krodan, Maguwoharjo, Depok.

Evakuasi berlangsung Kamis (5/8) malam sekira pukul 21.30 WIB dengan mengerahkan lima unit ambulans milik BPBD Sleman. Saat dikonfirmasi, Plt Panewu Cangkringan Suyanto mengatakan, pihaknya masih terus melakukan pendekatan ke warga agar bersedia menjalani isolasi di shelter.

"Kami sedang proses pendekatan supaya warga mau ditempatkan di lokasi isoter. Rencana siang ini akan dilakukan pemindahan lagi ke Rusunawa UII, tapi berapa jumlahnya belum tahu persis," katanya.

Baca Juga: Mantan Jaksa Pinangki Masih Berstatus ASN, MAKI: Ada Apa dengan Jaksa Agung?

Dia mengungkapkan sempat ada simpang siur soal ketersediaan kamar shelter. Awalnya, informasi yang diterima pihaknya masih tersedia 118 kamar di Rusunawa UII. Sehingga harapannya warga Bronggang yang positif bisa ditempatkan dalam satu lokasi. Namun ternyata pada Jumat (6/8) pagi hanya tinggal 2 unit kamar.

"Kami sebenarnya sudah siap bedhol desa," ujar Suyanto.

Dia menjelaskan, swab massal terhadap ratusan warga Bronggang bermula dari rentetan kasus yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir. Namun sejauh ini tidak diketahui sumber penularannya. Dia membantah dugaan penularan bersumber dari kegiatan keramaian warga.

"Tidak ada kegiatan yang mengarah ke kerumunan. Bukan pula karena aktivitas Idul Adha karena temuan kasus positif sudah ada beberapa bulan terakhir," ucapnya.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akun Twitter Siskaee Lenyap, Ada Apa?

Sabtu, 4 Desember 2021 | 10:46 WIB

Disporapar Genjot Kemajuan Sektor Pariwisata

Jumat, 3 Desember 2021 | 22:21 WIB
X