Indonesia Bangkit dari Pandemi, Pantang Menyerah adalah Kunci

- Kamis, 5 Agustus 2021 | 19:44 WIB
Bendera Merah Putih dipasang di rumah warga yang sedang isoman (suaramerdeka.com/dok)
Bendera Merah Putih dipasang di rumah warga yang sedang isoman (suaramerdeka.com/dok)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Ratusan orang dari berbagai komunitas menggerakkan Indonesia bangkit. Mereka membawa serta membagi-bagikan bendera merah putih, memasangnya di kawasan Malioboro. Kegiatan dipusatkan di halaman DPRD DIY.

Hadir perwakilan Keraton Yogyakarta, Kadipaten Pakualaman, DPRD DIY, para pengusaha, perguruan tinggi, seniman, budayawan, tokoh perempuan, tokoh agama dan lainnya.

Koordinator Gerakan Bangkit Indonesiaku, Slamet Santoso mengungkapkan pandemi Covid-19 yang berkepanjangan menyebabkan dampak krisis multilateral terutama sektor kesehatan dan perekonomian masyarakat.

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat sebagai upaya menekan angka penyebaran virus di satu sisi dinilai cukup efektif menekan angka penduduk yang terinfeksi, namun pada saat sama semakin memukul sektor ekonomi warga terutama yang menggantungkan penghasilan harian.

Baca Juga: Syncrom, Deteksi Kerumunan Cegah Penyebaran Covid-19

''Banyak kalangan terlebih di bidang usaha informal menjerit lantaran kehilangan penghasilan, sementara kebutuhan biaya hidup makin meningkat. Bahkan, mulai ada yang mengekspresikan diri dengan mengangkat bendera putih sebagai tanda menyerah. Ini mengundang keprihatinan bersama,'' papar Slamet.

Tumbuhkan Pengharapan

Keterpurukan ekonomi menurutnya perlu penyikapan yang bijak, cepat, tepat dan berkelanjutan. Ia berharap penyelenggara negara di tingkat pusat hingga daerah agar bekerja lebih keras lagi mengatasi pandemi dan dampak turunannya.

Slamet mengatakan sejarah mengajarkan bahwa berbagai krisis yang pernah dialami dunia, misal krisis akibat wabah, bencana alam hingga peperangan, harus diatasi dengan sikap penuh pengharapan dan semangat pantang menyerah. Semua pihak harus bekerja sama, gotong royong.

Baca Juga: Pengendalian Covid-19 Butuh Kesadaran Individu

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sebanyak 494 Tenaga Medis Berebut Formasi ASN dan PPPK

Selasa, 28 September 2021 | 15:33 WIB

Kesongo Kembali Semburkan Lumpur, Warga Berhamburan

Selasa, 28 September 2021 | 12:30 WIB

Angka Stunting Tinggi, Pemerintah Libatkan Mahasiswa

Senin, 27 September 2021 | 19:18 WIB

Hujan Deras, Rumah Rusak Diterjang Longsor

Senin, 27 September 2021 | 15:40 WIB

2.302 Peserta Ikuti SKD CASN Pemkot Magelang

Senin, 27 September 2021 | 15:12 WIB
X