Kominfo Sosialisasikan RKUHP di Unsoed Purwokerto

- Selasa, 6 Desember 2022 | 17:50 WIB
 Diskusi Pertunjukan Kesenian Rakyat (Petunra) Sosialisasi RKUHP di Gedung FH Unsoed. (Antara/Sumarwoto)
Diskusi Pertunjukan Kesenian Rakyat (Petunra) Sosialisasi RKUHP di Gedung FH Unsoed. (Antara/Sumarwoto)

PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia menyosialisasikan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Sosialisasi yang dikemas dalam bentuk Pertunjukan Kesenian Rakyat (Petunra) itu digelar di Gedung Justisia 3, Fakultas Hukum, Unsoed Purwokerto, Selasa.

Saat ditemui di sela acara, Koordinator Informasi dan Komunikasi Pertahanan dan Keamanan Direktorat Informasi dan Komunikasi Politik Hukum dan Keamanan Kementerian Kominfo RI Dikdik Sadaka mengatakan substansi sosialisasi tersebut lebih mengutamakan pada tersampaikannya RKUHP kepada masyarakat.

Baca Juga: Ini Dia Link Kupu-Kupu Malam, Anda Bisa Menonton Sepuasnya, Ingat Lho Ya Untuk 18+

"Tahapan sebelumnya, kami sebenarnya juga melakukan sosialisasi tapi sekaligus menjaring masukan," jelasnya.

Akan tetapi setelah rancangan tersebut selesai dan telah diajukan ke DPR RI, kata dia, saat ini Kementerian Kominfo masuk tahap sosialisasi untuk menyampaikan kepada masyarakat terkait RKUHP sambil menunggu proses pengesahan dari DPR RI.

Terkait dengan adanya pro-kontra terhadap RKUHP, Dikdik mengatakan pihaknya telah mengakomodir kelompok-kelompok yang pro maupun kontra untuk menghadiri sosialisasi saat rancangan tersebut belum masuk ke DPR RI.

"Tapi tetap semua kita harus menjunjung tinggi kehidupan tentang demokrasi Pancasila di sini. Yang penting adalah kita berbeda pendapat semuanya untuk tujuan bersama, kebaikan bersama," katanya.

Ia mengatakan perbedaan pandangan bisa disatukan dalam suatu forum khusus yang bisa melibatkan langsung masyarakat dan wakil-wakil masyarakat.

Baca Juga: Pesta Retail Jawa Tengah, Bursa UKM Jawa Tengah 2022 Diresmikan

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengurus Cabang IAKMI Se-Jateng Dilantik

Sabtu, 4 Februari 2023 | 15:45 WIB

Etika Digital dalam Bermedia Cegah Turbulensi Politik

Kamis, 2 Februari 2023 | 20:48 WIB
X