Tersangka Perpajakan, Direktur Bongkar Muat dan Jasa Pengurukan Lahan Ditahan, Rugikan Negara Rp 282.920.791

- Selasa, 6 Desember 2022 | 14:52 WIB
AF yang merupakan  Direktur PT AIJ yang  bergerak di  bidang  usaha jasa  penyedia tenaga  kerja bongkar muat dan jasa proyek pengurukan lahan ditetapkan sebagai tersangka.  (Foto dokumentasi DJP Jateng 1).
AF yang merupakan Direktur PT AIJ yang bergerak di bidang usaha jasa penyedia tenaga kerja bongkar muat dan jasa proyek pengurukan lahan ditetapkan sebagai tersangka. (Foto dokumentasi DJP Jateng 1).

SEMARANG, suaramerdeka.com - AF yang merupakan Direktur PT AIJ yang bergerak di bidang usaha jasa penyedia tenaga kerja bongkar muat dan jasa proyek pengurukan lahan ditetapkan sebagai tersangka.

AF ditetapkan tersangka tindak pidana perpajakan yang menimbulkan kerugian pada pendapatan negara Rp 282.920.791.

Kepala Bidang Pemeriksaan Penagihan, Intelijen, dan Penyidikan Kanwil DJP Jawa Tengah 1, Santoso Dwi Prasetyo menjelaskan AF ditetapkan tersangka karena pada kurun waktu masa pajak Januari 2019 sampai dengan Desember 2019.

Baca Juga: Daftar 15 Wilayah yang Ikut Merasakan Guncangan Gempa Jember 6,2 SR 6 Desember 2022 di Data BMKG

Yaitu dengan tidak menyetorkan pajak yang telah dipotong atau dipungut sehingga menimbulkan kerugian pada pendapatan negara.

"Modus operandi yang digunakan AF adalah dengan tidak menyetorkan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang telah dipungut dari lawan transaksinya ke kas negara," katanya, Selasa, 6 Desember 2022.

Santoso Dwi Prasetyo menambahkan selama proses pemeriksaan bukti permulaan, wajib pajak mempunyai hak untuk melakukan pengungkapan ketidakbenaran perbuatan sesuai pasal 8 ayat (3) UU KUP.

Baca Juga: Jelang Pernikahan Kaesang–Erina, Polda Jateng Siapkan Ratusan CCTV Pantau Situasi Surakarta

Namun tersangka AF tidak melakukan hal tersebut sehingga penyidik melanjutkan kasusnya ke proses penyidikan.

Menurutnya, tindakan ini merupakan upaya terakhir atau ultimum remedium.

Halaman:

Editor: Cun Cahya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X