Kamaruddin Minta KPK Periksa LHKPN Oknum Jaksa yang Menangani Perkara Kliennya

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 14:06 WIB
Agus Hartono bersama tim Kuasa Hukumnya, yang dipimpin Kamaruddin Simanjuntak, saat memberikan keterangan pers di Kota Semarang. (suaramerdeka.com/Eko Fataip)
Agus Hartono bersama tim Kuasa Hukumnya, yang dipimpin Kamaruddin Simanjuntak, saat memberikan keterangan pers di Kota Semarang. (suaramerdeka.com/Eko Fataip)

suaramerdeka.com - Pengacara kondang, Kamaruddin Simanjuntak meminta kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memeriksa Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) para oknum jaksa yang menangani perkara kliennya, Agus Hartono, seorang pengusaha di Kota Semarang.

"Kami minta KPK memeriksa LHKPN para oknum jaksa itu. Karena diduga praktik yang dilakukan terhadap klien kami, Agus Hartono, sudah berulang kali dilakukan," kata Kamaruddin, dalam keterangannya, Sabtu 3 Desember 2022.

Oknum yang dimaksud merupakan jaksa di lingkup kantor kejaksaan di Jateng, inisial PAW dan LJA, serta eks kepala kantor kejaksaan tersebut yang kini bertugas di Kejaksaan Agung, AH.

Menurutnya, berdasar informasi yang ia terima, para oknum jaksa tersebut hidup dengan gaya mewah. Ia menduga, kekayaan yang mereka miliki melebihi LHKPN yang dilaporkan.

Baca Juga: Hakim Nyatakan Penetapan Tersangka Agus Hartono Tidak Sah, Kamaruddin Desak Jaksa Agung Lakukan Tindakan Tegas

"Karena itu kami meminta KPK memeriksanya. Bisa dicek kebenarannya, kami mempunyai data terkait LHKPN yang dilaporkan dan harta kekayaan yang sesungguhnya," sebutnya.

Sebelumnya, hakim tunggal Pengadilan Negeri (PN) Semarang menyatakan tidak sah penetapan Agus Hartono sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi.

Putusan itu disampaikan hakim tunggal R Azharyadi Priakusumah dalam sidang praperadilan yang diajukan Agus Hartono melawan Kejati Jateng, Rabu 30 November 2022.

Agus Hartono ditetapkan tersangka oleh Kejati Jateng atas perkara dugaan tindak pidana korupsi pada pemberian kredit sejumlah bank ke beberapa perusahaan.

Baca Juga: Tangani Perkara di Semarang, Kamaruddin Minta Kejagung Awasi Sidang Praperadilan Kliennya

Halaman:

Editor: Eko Fataip

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengurus Cabang IAKMI Se-Jateng Dilantik

Sabtu, 4 Februari 2023 | 15:45 WIB

Etika Digital dalam Bermedia Cegah Turbulensi Politik

Kamis, 2 Februari 2023 | 20:48 WIB
X