Aqua Plant Klaten - Pemprov Jateng, Kampanye EBT Melalui Energi Matahari

- Kamis, 1 Desember 2022 | 16:16 WIB
Pemanfaatan energi matahari di Klaten (SM/dok)
Pemanfaatan energi matahari di Klaten (SM/dok)

KLATEN, suarammerdeka.com - Berlimpahnya energi matahari benar-benar dimanfaatkan oleh PT Tirta Investama Danone Aqua Klaten Jateng.

Selain menekan biaya produksi dalam jangka panjang, pemanfaatan solar panel memberikan dukungan nyata bagi pemerintah dalam penggunaan energi baru terbarukan.

Sebagai bagian dari Danone Group yang memiliki target penggunaan energi listrik terbarukan 100% pada 2030, upaya itu telah mulai dilakukan.

Alasan lainnya adalah Perjanjian paris yang mendukung pengembangan energi baru terbarukan untuk memenuhi tercapainya bauran energi 23% tahun 2025 dan dukungan Pemprov Jateng melalui Surat Edaran Gubernur Jateng tahun 2019 tentang Implementasi PLTS ATAP.

Baca Juga: Ini 3 Manfaat Sinar Matahari yang Jarang Diketahui Orang

Lalu apa yang telah dilakukan oleh Pabrik Aqua di Klaten? Semua atap di pabrik tersebut telah "habis" dan terpasang solar panel.

"Semua telah terpasang," kata Plant Director Aqua Klaten, I Ketut Muwaranata saat menerima Tim Jelajah Energi II yang diselenggarakan oleh Dinas ESDM Pemprov Jateng - IESR, beberapa waktu lalu.

Total luasan atap yakni 16.546,56 meter persegi. Sementara jumlah panel PV terpasang sebanyak 8.340 unit.

Daya per unitnya sebesar 350 watt peak. Jika dikalkulasi maka total penghematan energi berkisar 2.063.629,128 kWh/tahun.

Halaman:

Editor: Hendra Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X