Sekam Padi Naik Kelas, Upaya Danone Tekan Karbon Hingga Jaga Kelestarian Alam

- Kamis, 1 Desember 2022 | 16:03 WIB
Pabrik Sekam di Klaten  (SM/Hanung Soekendro)
Pabrik Sekam di Klaten (SM/Hanung Soekendro)


KLATEN, suaramerdeka.com - Sekam padi telah naik kelas. Jika sebelumnya hanya untuk bahan bakar batu bata atau keperluan ternak maka kini keberadaanya bisa dimanfaatkan untuk menekan karbon dari kegiatan produksi.

Satu tujuannya, untuk kelestarian alam.

Adalah Danone Specialized Nutrition (SN) yang melakukannya dan telah diterapkan di salah satu unit usahanya di PT Sarihusada Generasi Mahardhika, Prambanan Klaten.

Danone bekerjasama dengan Berkeley Energy Commercial Industrial Solution (BECIS) membangun dan mengoperasionalkan Boiler Biomassa berbahan baku sekam padi.

Baca Juga: Pentingnya Sekam Bakar pada Tanaman Hias, Ini 3 Manfaat Dahsyat yang Jarang Diketahui

Untuk mengurangi jejak karbon dari kegiatan produksi di Pabrik Prambanan hingga 32%.

Inovasi tersebut wajib dilakukan. Alasannya adalah perubahan iklim yang menjadi perhatian dunia hingga mendukung target Pemerintah meningkatkan bauran energi baru terbarukan hingga 23% pada tahun 2025 dan mencapai karbon netral pada tahun 2060.

Danone untuk turut memitigasi perubahan iklim dengan ambisi penggunaan energi listrik terbarukan 100% pada tahun 2030 dan mencapai karbon netral pada tahun 2050.

Hal ini dilakukan sebagai komitmen perusahaan memitigasi perubahan iklim dengan mengurangi jejak karbonnya melalui penyediaan produk bernutrisi untuk ibu, anak dan keluarga yang diproduksi secara ramah lingkungan.

Baca Juga: Dongeng Anak : Janu, Anjing Bermata Biru dan Pohon Asam Jawa

Halaman:

Editor: Hendra Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengurus Cabang IAKMI Se-Jateng Dilantik

Sabtu, 4 Februari 2023 | 15:45 WIB

Etika Digital dalam Bermedia Cegah Turbulensi Politik

Kamis, 2 Februari 2023 | 20:48 WIB
X