Pekan Ini, Tenaga Kesehatan Jawa Tengah Terima Vaksin Dosis Ketiga

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 12:40 WIB
Vaksinasi tenaga kesehatan. (Kemenkes)
Vaksinasi tenaga kesehatan. (Kemenkes)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah merencanakan memberikan suntikan vaksin ketiga (booster) Covid-19 untuk tenaga kesehatan (nakes) mulai pekan ini.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo mengatakan penyuntikan tidak hanya berlaku untuk nakes di rumah sakit milik provinsi, tapi seluruh nakes yang ada.

“Yang booster, tidak hanya untuk nakes di RS milik pemprov saja. Itu untuk semua nakes di Jawa Tengah dapat semua. Rencana penyuntikan minggu ini,” kata Yulianto, usai rapat penanganan Covid di kompleks kantor Gubernur Jateng, Senin 2 Juli 2021.

Dia menjelaskan untuk dosis ketiga nakes, jumlahnya sekitar 11 ribu vial vaksin Moderna yang dikenal cukup ampuh menangkal Covid-19 varian baru.

Baca Juga: Usung Tema Estetika Sanggit, Pameran Virtual Seni Rupa Internasional Hadirkan Peserta dari Luar Negeri

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menambahkan, pihaknya juga terus mengecek ketersediaan vaksin di setiap kota dan kabupaten melalui aplikasi SMILE (Sistem Monitoring Imunisasi dan Logistik Elektronik).

Aplikasi SMILE, jelas Ganjar, menyangga lalu lintas informasi sepanjang lini seperti distribusi logistik, pelaporan, dan pemantauan-evaluasi.

SMILE memantau secara real time logistik rantai dingin vaksin dan penyimpanannya di seluruh titik penyedia vaksin, dari provinsi hingga tingkat puskesmas dan rumah sakit.

“Di data SMILE, aplikasi itu tempatmu masih banyak, kok kamu bilang, sudah habis. Jangan-jangan sudah disuntikan, tapi inputter belum, belum memasukkan. Atau jangan-jangan belum disuntikan sama sekali. Maka kalau minta tambahan, enggak bisa,” ungkapnya.

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gelar Haul Gus Dur, PKB dan NU Cilacap Berkolaborasi

Kamis, 13 Januari 2022 | 11:48 WIB
X