Badan Bahasa Akan Menambah Sasaran Revitalisasi Bahasa Daerah Jadi 19 Provinsi

- Senin, 14 November 2022 | 07:15 WIB
 Kesenian Warak saat tampil dalam pembukaan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) di Hotel Griya Persada, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jumat 11 November 2022. (SM/dok)
Kesenian Warak saat tampil dalam pembukaan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) di Hotel Griya Persada, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jumat 11 November 2022. (SM/dok)


 
UNGARAN, suaramerdeka.com - Badan Bahasa merencanakan untuk menambah jumlah sasaran program Revitalisasi Bahasa Daerah dari 13 menjadi 19 provinsi pada tahun 2023.

Hal itu dikatakan Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Hafidz Muksin SSos MSi saat menyampaikan sambutan dan penyerahan hadiah Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) di Hotel Griya Persada, Bandungan, Minggu 13 November 2022.

Kegiatan diselenggarakan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Jumat-Minggu, 11-13 November 2022.

Baca Juga: Revitalisasi Bahasa Daerah, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Kembali Gelar Festival Tunas Bahasa Ibu 2022

Hafidz Muksin mengatakan Kemendikbudristek mendorong pemerintah daerah agar mengambil tanggung jawab dalam pelindungan bahasa dan sastra daerah.

“Saat ini dilakukan revitalisasi terhadap 39 bahasa daerah di 13 provinsi di Indonesia. Hal ini membuktikan pemerintah hadir bersama pemerintah daerah dan masyarakat serta komunitas bahasa dan sastra guna melestarikan bahasa daerah,''

''Kegiatan revitalisasi bahasa daerah ini akan dilaksanakan lagi tahun depan,” kata Hafidz.

Baca Juga: Dengerin Nih Wejangan Mbak Ita : Tidak Ada Kata Libur Bagi Jajaran Pemkot Semarang untuk Melayani Masyarakat

Sementara itu, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr Ganjar Harimansyah menyatakan semua peserta yang datang pada FTBI kali ini adalah pemenang karena tidak semua anak dapat mengikuti kegiatan ini.

Anak-anak SD dan SMP yang ikut berlomba dalam festival tersebut merupakan pilihan dari daerahnya masing-masing.

Ganjar menyampaikan apresiasi atas partisipasi, kerja sama, dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan di Provinsi Jawa Tengah yang telah menyukseskan kegiatan Revitalisasi Bahasa Jawa ini.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Membuat Teh Melati di Rumah, Manfaatnya Bisa Cegah Kanker

Dia berharap, kerja sama dan gotong royong antarpemangku kepentingan dapat terus berjalan dengan baik agar tujuan revitalisasi bahasa daerah ini dapat terwujud.

“Kami sangat terkesan dengan dukungan anak-anak SD dan SMP, pihak sekolah, orang tua, dan Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga di Jawa Tengah yang sangat antusias mengikuti FTBI ini,''

''FTBI ini adalah perayaan insan-insan pelestari bahasa Jawa. Mari kita persiapkan kembali FTBI tahun depan,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Hendra Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X