Sultan Ingatkan Soal Penambangan Merapi

- Selasa, 26 Juni 2018 | 21:27 WIB
Foto: suaramerdeka.com/dok
Foto: suaramerdeka.com/dok

SLEMAN, suaramerdeka.com - Jajaran pejabat Pemkab Sleman menggelar acara syawalan bersama Gubernur dan Wakil Gubernur DIY, Selasa (26/6). Bupati Sleman Sri Purnomo, dan wakilnya Sri Muslimatun menyambut langsung kedatangan Gubernur DIY beserta rombongan di rumah dinas.

Pada acara silaturahmi itu, Sri Purnomo menyampaikan kepada Sultan perihal kondisi terkini Gunung Merapi. Dijabarkan, sejak 11 Mei hingga 1 Juni telah terjadi 12 letusan freatik. Kondisi ini yang menunjukkan tingginya aktivitas vulkanik Merapi. 

Sehubungan hal tersebut, Pemkab Sleman telah melakukan langkah kesiapsiagaan bencana termasuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat di setiap dusun dan sekolah yang berada di sekitar lereng Merapi.

"Warga Sleman telah belajar dari pengalaman sebelumnya dengan menunjukkan kesiapsiagaan bencana. Kami juga terus berkoordinasi dengan BPPTKG untuk menetapkan langkah-langkah tindak lanjut penanggulangan bencana yang mungkin diperlukan," kata Sri.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X mengimbau warga Sleman tetap proporsional dan berhati-hati mengingat Merapi merupakan gunung yang paling aktif di Indonesia. 

“Memang beberapa waktu lalu sempat mengeluarkan gas, tapi alhamdulillah tidak ada wedus gembel. Yang membahayakan selain lava itu kan wedus,” kata Sultan dihadapan peserta syawalan yang juga dihadiri oleh tokoh masyarakat.

Gubernur juga menyinggung persoalan penambangan material vulkanik sisa erupsi Merapi tahun 2010. Diingatkan agar masyarakat menambang secara bijak tanpa menggunakan alat-alat berat, serta berlebihan dalam pengambilannya. Hal ini untuk antisipasi efek negatif kegiatan penambangan terhadap lingkungan.

Editor: Fadhil Nugroho Adi

Tags

Terkini

Kesongo Kembali Semburkan Lumpur, Warga Berhamburan

Selasa, 28 September 2021 | 12:30 WIB

Angka Stunting Tinggi, Pemerintah Libatkan Mahasiswa

Senin, 27 September 2021 | 19:18 WIB

Hujan Deras, Rumah Rusak Diterjang Longsor

Senin, 27 September 2021 | 15:40 WIB

2.302 Peserta Ikuti SKD CASN Pemkot Magelang

Senin, 27 September 2021 | 15:12 WIB

Sapi Milik Peternak Miskin Dibantu Pakan Konsentrat

Minggu, 26 September 2021 | 20:04 WIB
X