7.550 Surat Suara Pilgub Dimusnahkan KPU Brebes

- Selasa, 26 Juni 2018 | 15:00 WIB
Foto: Ketua KPU Kabupaten Brebes, M Riza Pahlevi bersama anggota KPU lainnya disaksikan Panwaslu, Polri, TNI dan Satpol PP melakukan pemusnahan surat suara Pilgub Jateng yang rusak dan sisa, kemarin.  (suaramerdeka.com/Bayu Setiawan)
Foto: Ketua KPU Kabupaten Brebes, M Riza Pahlevi bersama anggota KPU lainnya disaksikan Panwaslu, Polri, TNI dan Satpol PP melakukan pemusnahan surat suara Pilgub Jateng yang rusak dan sisa, kemarin. (suaramerdeka.com/Bayu Setiawan)

BREBES, suaramerdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes memusnahkan sebanyak 7.550 lembar suratn suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng), Selasa (26/6). Pemusnahan dengan cara dibakar itu diperuntukan bagi surat suara yang diketahui rusak saat disortir dan sisa surat suara.

Pembakaran surat suara Pilgub Jateng yang tidak digunakan tersebut digelar di halaman Kantor KPU Brebes, dengan disaksikan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Brebes, pihak kepolisian, TNI dan Satpol PP Pemkab Brebes. Ketua KPU Brebes, M Riza Pahlevi menjelaskan, dari sebanyak 7.550 lembar surat suara pilgub yang dimusnahkan itu, rinciannya sebanyak 2.541 lembar merupakan surat suara yang dinyatakan rusak dari hasil penyortiran dan sebanyak 5.009 lembar merupakan sisa surat suara yang tidak digunakan.

"Totalnya ada sebanyak 7.550 lembar surat-suara yang kami musnahkan hari ini," jelasnya.

Menurut dia, dari surat suara yang rusak itu sebagian rusak karena sobek. Kemudian, ada juga karena berlubang, gambar tidak jelas dan banyak noda tintannya. Sedangkan surat suara sisa itu, surat suara yang belum disortir tetapi masih ada sisa sehingga tidak digunakan untuk pencoblosan.

"Pemusnahan dengan kami bakar dan disaksikan langsung oleh Panwaslu, Polri, TNI dan Satpol PP. Kami juga telah membuat berita acara pemusnahan ini untuk selanjutnya dilaporkan ke KPU Provinsi Jateng," terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pemusnahan surat suara itu sebagai tindak lanjut dari perintah KPU pusat melalui Peraturan KPU (PKPU), dengan tujuan untuk mengantisipasi penyalahgunaan dari sisa surat suara yang ada. Sehingga, surat suara yang tidak dipakai baik karena rusak atau memang sisa tersebut benar-benar aman.

"Pemusnahan ini merupakan amanat PKPU yang harus kami laksanakan, untuk mengantisipasi sisa surat suara yang tidak dipakai," ungkapnya.

Dia menambahkan, hingga saat ini seluruh logistik di tingkat KPU telah didistribusikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Selanjutnya dari PPK akan didistribusikan ke PPS dan TPS.

"Usai ini kami akan mengecek pendestribusian logistik Pilgub Jateng ke tingkat TPS yang sedang dilaksanakan, khususnya pemantauan di daerah yang terpencil dan sulit dijangkau untuk memastikan logistik sudah didistribusikan," pungkasnya. 

Editor: Adib Auliawan

Tags

Terkini

PKS: Kitab Kuning Pondasi Pembangunan Peradaban

Senin, 6 Desember 2021 | 12:03 WIB

Komunitas Save Pekalongan Bantu Warga Terdampak Rob

Senin, 6 Desember 2021 | 09:12 WIB

Gading Paradise, Hadirkan Miniatur Eropa di Kebumen

Minggu, 5 Desember 2021 | 11:14 WIB
X