Polisi Tidak Akan Masuk ke Dalam TPS

- Selasa, 26 Juni 2018 | 13:30 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

BANYUMAS, suaramerdeka.com -  Selama proses pencoblosan hingga penghitungan suara yang akan berlangsung, Rabu (27/6). Polres Banyumas, memastikan anggotanya tidak akan masuk ke dalam lingkungan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kapolres Banyumas, AKBP Bambang Yudhantara Salamun. Dia mengatakan anggotanya  akan berada di sekitar TPS, namun tidak masuk hingga ke wilayah TPS, untuk menjaga di dalam lingkungan TPS hanya ada Linmas.

Polisi hanya akan masuk ke lingkungan TPS, jika ada permintaan dari Ketua Kelompok Pemungutan Suara (KPPS) , maupun petugas PPS. Hal ini untuk menjaga netralitas Polri dalam pelaksanaan Pilkada  Serentak 2018.

Dalam pengamanan Pilkada ini,  jelas Bambang, personil Polisi yang diturunkan mencapai  969 orang, ditambah sekitar10 ribu personil Linmas. Selain itu,  ada ratusan personil TNI, yang siap diperbantukan jika diperlukan.

Pelaksanana Pemilihan Bupati Banyumas dan Gubernur Jawa Tengah di Banyumas terdapat 3.180 TPS. Selain itu, Polres Banyumas juga telah memetakan TPS Aman, TPS Rawan 1 dan TPS Rawan 2. Menurut Bambang, terdapat 12 TPS Rawan 1 dan 11 TPS Rawan 2.

Untuk TPS aman, pola pengamanannya adalah delapan TPS akan diamankan oleh dua angota Polri dan 24 anggota Linmas. Dua orang anggota Linmas berada di dalam TPS dan satu orang ada di luar TPS. Untuk TPS rawan 1, pola pengamanannya adalah empat TPS diamankan oleh dua anggota Polri dan 12 Linmas. Sedangkan untuk rawan 2, dua TPS diamankan dua anggota Polri dan enam anggota Linmas.

“ Untuk TPS aman satu,  TPS dijaga oleh tiga Linmas, satu di dalam satu diluar. Anggota Polri semuanya posisinya di luar TPS, hanya boleh masuk, apabila diminta oleh KPPS. Itupun jika ada ganguan Kamtibmas, ini adalah salah satu komitmen Polri dalam Pilkada Serentak 2018,” ujarKapolres.

Hari ini, Selasa ( 26/6), anggota Polres Banyumas dan Linmas, telah ditugas berjaga di Kecamatan untuk pengamanan surat suara. Pada hari Selasa ini juga akan dilakukan distribusi dari tingkat Kecamatan ke Desa dan selanjutnya akan didistribusikan ke TPS.

Editor: Adib Auliawan

Tags

Terkini

Selama Pandemi Pelanggaran Lalu Lintas Turun

Senin, 20 September 2021 | 21:53 WIB

Pesantren Didorong Jadi Kader Penanganan TBC

Senin, 20 September 2021 | 14:45 WIB

Berdayakan Umat, NU Kebumen Kembangkan Pertanian

Minggu, 19 September 2021 | 21:50 WIB

Banyak Petani Frustrasi, Pemerintah Beri Pelatihan

Minggu, 19 September 2021 | 19:20 WIB

Pola Vaksinasi Jemput Bola, Sediakan Ayam untuk Hadiah

Minggu, 19 September 2021 | 15:35 WIB
X